alexametrics

Diam-diam, Jenazah Teroris Itu Sudah Dibawa ke Pekanbaru

Napiter yang Tewas di Kerusuhan Mako Brimob
17 Mei 2018, 16:15:37 WIB

JawaPos.com – Jenazah Beny Syamsu alias Abu Ibrahim ternyata sudah dibawa oleh keluarganya. Beny merupakan narapidana kasus terorisme yang tewas saat kerusuhan di Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Salemba, Kompleks Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, pekan lalu.

Kepala Instalansi Forensik Rumah Sakit Polri Kombes Pol Edi Purnomo mengatakan, pihak keluarga Beny sudah datang mengambil jenazah pada Sabtu (12/5). “Sudah dibawa (jenazah Beny). Hari Sabtu, keluarga sudah datang sekitar jam satu pagi,” kata Edi saat dihubungi, Kamis (16/5).

Dari keterangan keluarga, rencananya Beny akan dimakamkan di Pekanbaru, Riau. “Dimakamkan di Pekanbaru ya,” tukas Edi.

Sekadar informasi, jenazah Beny dibawa oleh tim Densus 88 Anti Teror ke Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Rabu (9/5) lalu. Kabarnya, Beny ditolak untuk dimakamkan di tanah kelahirannya.

Berdasarkan informasi yang beredar, Beny lama menetap di Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar). Namun, setelah ditelusuri, lelaki kelahiran 18 Juni 1986 itu lama menetap di daerah Pekanbaru, Riau. Bahkan, sejak kecil hingga menikah, Beni tinggal di Pekanbaru.

Teroris yang ditangkap di Pekanbaru pada 24 Oktober 2017 itu diketahui lahir di Nagari Malai Limo Suku Timur, Kecamatan Batang Gasan, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar. Namun, sejak usia sekitar dua tahun dia dibawa merantau oleh kedua orang tuanya ke Pekanbaru.

Setelah diketahui benar itu Beny alias Trisno, pihak keluarga merencanakan agar dia dimakamkan di Nagari Malai Limo Suku Timur itu. Bahkan, istri dan anaknya juga sudah datang bersama keluarga besar Beny ke rumah bibinya untuk menunggu kedatangan jenazah.

Namun, setelah berembuk dengan pihak keluarga, tokoh niniak mamak dan pemangku Nagari, disepakati Beny tidak dimakamkan di tanah kelahirannya. Ada beberapa alasan di antaranya, kasus kematian Beny dianggap cukup rumit karena berkaitan dengan hukum.

Apalagi, Beny dan keluarganya tidak tercatat lagi sebagai warga Nagari Malai Limo Suku Timur, Kecamatan Batang Gasan, Kabupaten Padang Pariaman. Disarankan agar jenazah tersebut dimakamkan sesuai tempat tinggalnya di Pekanbaru.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (dna/JPC)

Diam-diam, Jenazah Teroris Itu Sudah Dibawa ke Pekanbaru