Selain Kemenag, Kemenpar Juga Lakukan Malaadministrasi Travel Umrah

Travel Umrah Bermasalah Gagal Bawa Jamaah

17/04/2018, 17:56 WIB | Editor: Ilham Safutra
Kantor Abu Tours di Makassar saat digeledah polisi. (ABE BANDOE/FAJAR/Jawa Pos Group)
Share this

JawaPos.com - Dari serangkaian pemeriksaan Ombudsman Republik Indonesia (ORI), dugaan malaadministrasi terhadap Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) tidak hanya dilakukan Kementerian Agama (Kemenag). Namun Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang menjadi regulasi untuk pemberian izin biro perjalanan wisata (BPW) ikut disinyalir melakukan hal yang sama.

"Sementara, ditemukan satu malaadministrasi yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata yaitu pengabaian kewajiban hukum," kata anggota Ombudsman Ahmad Suaedy dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa (17/4).

Rangkaian pemeriksaan di Ombudsman itu berdasarkan banyaknya korban calon jamaah gagal berangkat umrah, laporan masyarakat korban PT Abu Tours, dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Infografis Biro Travel Umrah yang bermasalah. (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Sebelumnya, pada 2017 Ombudsman telah mengeluarkan saran kepada Kemenag terkait kasus penipuan dan gagal berangkat calon jamaah umrah sebanyak 56 ribu jamaah dengan dana yang hilang sekitar Rp 830 miliar.

Terkait dugaan malaadministrasi, Ombudsman mengusulkan Kemenpar melakukan pengawasan terhadap Dinas Pariwisata di setiap Kabupaten/Kota. Pengawasan itu dalam hal pendaftaran dan pengajuan izin baru sebagai Biro Perjalanan Wisata (BPW).

"Selain itu, Ombudsman juga mengusulkan agar Kepolisian secara aktif melakukan penyelidikan atas dugaan adanya keterlibatan dan conflic of interest terhadap oknum-oknum di Kementerian Agama," ujar Suaedy.

Sebelumnya, ORI menemukan empat maladministrasi yang dilakukan Kemenag terkait pelaksanaan ibadah umrah Abu Tours. Pelanggaran administrasi itu antara lain; Kemenag meliputi tidak kompeten, pengabaian kewajiban hukum, penyimpangan prosedur, dan penyalahgunaan wewenang.

(put/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi