JawaPos Radar

Gandeng Kementerian Agraria, Polri Siap Lawan Mafia Tanah

17/03/2017, 15:18 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Gandeng Kementerian Agraria, Polri Siap Lawan Mafia Tanah
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Dok JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Polri bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang menjalin kerja sama dalam melawan mafia pertanahan. Kerja sama ini ditandai dengan dilakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.

Usai melakukan penandatanganan, Tito mengatakan bahwa selain sepakat dalam pemberantasan mafia tanah, ada sejumlah poin yang disepakati dalam MoU itu. Salah satunya terkait sertifikasi aset-aset milik Polri.

"Kita juga upayakan untuk mencegah masalah pungli di bidang pertanahan, ada upaya penegakan hukum dari tim saber pungli," papar dia di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (17/3).

Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris ini juga berkata, dalam MoU itu mereka sepakat dalam mekanisme pencegahan dengan membenahi sistem dan prosedur kepengurusan sertifikat tanah. Sehingga nantinya dapat meminimalisir praktik kecurangan di lapangan.

"Makanya kami tekankan jangan sampai terjadi (praktik kecurangan). Penindakan adalah upaya terakhir, ketika upaya pencegahan tidak bisa kita lakukan," ujar Tito.

Di kesempatan yang sama, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil berkata bahwa mafia pertanahan dewasa ini semakin meresahkan. Sehingga mereka menggandeng Polri dalam memberantas praktik tersebut.

"MoU ini dalam rangka bagaimana melayani masyarakat lebih baik, bagaimana kita mencegah mafia di bidang pertanahan yang sangat meresahkan, sangat banyak konflik," kata dia. (elf/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up