alexametrics

Soal Penanganan Trauma Korban Herry Wirawan, Pemerintah Harus Terlibat

17 Februari 2022, 13:32:45 WIB

JawaPos.com – Kasus Herry Wirawan menjadi perhatian publik yang luar biasa hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perhatian serius agar diberikan hukuman maksimal kepada pelaku. Pelaku sendiri diganjar hukuman penjara seumur hidup.

Sementara itu, Kepala Divisi Pengawasan, Monitoring, dan Evaluasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra berharap agar 13 korban mendapatkan penanganan dari pemerintah. Khususnya untuk rehabilitasi mental pasca trauma.

“Kita berharap kasus ini ada upaya lebih bagi negara untuk memastikan agar korban bisa terperhatikan secara baik serta pendampingan atau rehabilitasi secara tuntas,” tutur dia kepada JawaPos.com, Kamis (17/2).

Apalagi, korban yang masih usia anak dan sudah memiliki anak dengan tantangan yang tidak mudah dalam mengasuh bayinya. Diketahui bahwa dari 13 korban itu, 9 di antaranya melahirkan.

“Oleh sebab itu, hak-hak anak 13 santri dan termasuk 9 anak yang dilahirkan harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah dan Pemda dalam mendampingi perjalanan panjang anak tersebut dalam menjalankan kehidupanya,” terangnya.

Tentu upaya-upaya serius yang sudah dilakukan sejumlah pihak mendapatkan apresiasi. Kedepannya, ia mengharapkan ada upaya-upaya maksimal dalam perlindungan anak dalam proses penegakan hukum.

“Sehingga keadilan bagi korban bisa didapatkan, sehingga putusan ini juga memberikan dampak percepatan trauma korban untuk kembali pulih. Tentu ini tidak mudah, masing-masing anak memiliki respon berbeda menuju bangkit kembali sebagaimana dalam kehidupan sosial biasanya,” tandasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads