alexametrics

Lapas Semarang Over Kapasitas, 41 Napi Dipindah ke Nusakambangan

17 Januari 2022, 08:58:25 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 41 narapidana kasus narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas satu Semarang dipindahkan ke Lapas klas IIA Karanganyar, Nusakambangan. Narapidana yang dipindahkan tersebut merupakan bandar dan pengedar narkoba.

“Pemindahan ini juga bertujuan memutus mata rantai jaringan narkoba yang dilakukan narapidana di Lapas,” kata Kepala Lapas Semarang, Supriyanto dalam keterangannya, Senin (17/1).

Supriyanto mengatakan pemindahan ini dilakukan karena Lapas kelas satu mengalami over kapasitas. Pemindahan para narapidana itu juga dilakukan, karena Lapas klas IIA Karanganyar memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi.

“Kapasitas hunian sebenarnya 663 orang, tapi per hari ini penghuni mencapai 1.706 orang yang terdiri dari narapidana dan tahanan di mana hampir setiap hari kami menerima pengiriman tahanan dari aparat penegak hukum,” ujar Suharyanto.

Pemindahan pada narapidana itu dilakukan sekitar pukul 00.30 WIB menggunakan bus dengan pengawalan ketat. Pemindahan para narapidana ini juga dilakukan atas surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah dalam rangka pembinaan, keamanan, dan pengurangan over kapasitas di Lapas.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads