JawaPos Radar

Iwan Bule Layak Jadi Wakapolri, Dua Komjen Ini Juga Masuk Daftar

16/08/2018, 09:01 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Iwan Bule Layak Jadi Wakapolri, Dua Komjen Ini Juga Masuk Daftar
Komjen Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane berharap posisi wakapolri yang ditinggalkan Syafruddin diisi oleh perwira tinggi bintang tiga alias komisaris jenderal. Lantas siapa saja yang berpotensi jika dilihat dari tanda kepangkatan itu?

Kata Neta, dari delapan jenderal bintang tiga atau komjen di Polri, ada tiga yang menjadi calon kuat untuk menggantikan Komjen  Syafruddin. "Yakni, Komjen Suhardi Alius, Komjen Moegiharto, dan Komjen M Iriawan," ujarnya melalui pesan singkat, Kamis (16/8).

Sebab dari rekam jejaknya, ketiganya memiliki kapasitas, prestasi, dan kapabilitas yang cukup. Dari pendataan IPW, calon pertama, Komjen Pol Suhardi Alius yang lahir 10 Mei 1962, pada Juli 2016 menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme menggantikan Tito Karnavian yang diangkat menjadi kapolri.

"Alius pernah memegang sejumlah jabatan strategis, antara lain Sestama Lemhanas, Kabareskrim, Kapolda Jabar, Humas Polda," sebut Neta.

Begitu juga dengan Komjen Moegiharto, yang lahir pada 25 Mei 1962. Sejak 13 September 2017 dia memegang jabatan Kabaharkam. Selain itu pernah menjadi Kalemdikpol, Kapolda Metro, Kapolda Jabar, dan Kapolda NTB.

Sedangkan Komjen M Iriawanalias Iwan Bule yang lahir pada 31 Maret 1962, saat ini menjadi Plt Gubernur Jabar. "Iriawan pernah menjabat Sestama Lemhanas, Asop Kapolri, Kapolda NTB, Kapolda Jabar, dan Kapolda Metro," kata Neta.

Seperti diketahui, Komjen Pol Syafruddin resmi mengundurkan diri sebagai wakapolri dan pensiun diri dari Korps Bhayangkara, Selasa (14/8). Pasalnya dia ditunjuk untuk menggantikan Asman Abnur sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Dia pun dilantik di Istana Negara pada Rabu (15/8) oleh Presiden Joko Widodo.

(dna/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up