JawaPos Radar

Harus Bintang Tiga, Begini Tugas Wakapolri

16/08/2018, 09:35 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Harus Bintang Tiga, Begini Tugas Wakapolri
Mantan Wakapolri Komjen (Purn) Syafruddin. (Desyinta Nuraini/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pengganti Komjen Pol (Purn) Syafruddin diharapkan berasal dari pejabat tinggi Polri bintang tiga. Sebab, posisi itu menjadi sangat strategis, mengingat pada tahun politik ini tugas Kapolri sangat berat dan butuh bantuan dari Wakapolri.

Adapun tugas-tugas itu kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane diantaranya, pertama, harus loyal dan mampu membantu Kapolri untuk mengkonsolidasikan institusi Polri. Kedua, harus mampu menghapus isu adanya matahari kembar di Polri. "Sehingga jajaran Polri benar-benar solid dalam menjalankan tugas-tugasnya," ujarnya dalam pesan singkat, Kamis (16/8).

Ketiga, sebagai Ketua Dewan Kebijakan Tinggi, Wakapolri harus mampu menjaga profesionalitas Polri dalam penempatan personil maupun dalam mendidik kader-kader Kepolisian. Keempat, harus mampu mengawasi proyek proyek pengadaan yang sesuai dengan kebutuhan kepolisian.

"Kelima, harus mampu menjaga netralitas anggota Polri di Pemilu maupun Pilpres 2019," jelasnya.

Karena itu menurut Neta, dari kebiasaan Polri, posisi Wakapolri selalu dipilih dari jenderal bintang tiga atau Komjen. "Tidak pernah ada dari jenderal bintang dua atau Irjen yang kemudian dijadikan sebagai Wakapolri," tegasnya.

Lagi pula Wakapolri adalah posisi orang nomor dua di Polri. "Sehingga harus diambil berdasarkan urut kacang, yang tentunya mempertimbangkan kualitas, kapasitas, dan kapabilitas figurnya," pungkas Neta. 

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up