alexametrics

Marak Aksi Teror, Begini Perintah Prabowo Subianto ke Kadernya

16 Mei 2018, 18:45:04 WIB

JawaPos.com – Pemerintah bersama dengan koalisi pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah sepakat mengenai definisi terorisme dalam rancangan revisi Undang-undang Pemberantasan Tindak Terorisme. Termasuk di dalamnya yang disepakati yakni menyoal pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme.

Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto menyambut baik pelibatan militer dalam pemberantasan terorisme. Menurutnya, memberantas terorisme tidak bisa hanya dilakukan Polri.

“Kalau Gerindra berpendapat demikian (TNI perlu dilibatkan). Saya berpendapat demikian. Semua komponen harus bekerja sama,” ujar Prabowo Subianto di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/5).

Marak Aksi Teror, Begini Perintah Prabowo Subianto ke Kadernya
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, di Jakarta, Rabu (16/5). (Hendra Eka/Jawa Pos)

Bahkan, ungkap Prabowo, dirinya sudah memerintahkan anak buahnya untuk siap siaga apabila dibutuhkan untuk menjaga keamanan. Misalnya berjaga di tempat ibadah.

Hal itu untuk menjamin keamanan masyarakat dalam menjalankan ibadah. “Saya juga sudah perintahkan kader-kader Gerindra. Kami punya laskar harus jaga semua tempat ibadah,” katanya.

Menurut mantan Danjen Kopassus ini, di negara-negara lain juga militer dilibatkan dalam penanggulangan dan pemberantasan terorisme. Pasalnya memang dalam memberantasan terorisme aparat keamanan mesti bersatu.

“Di bangsa lain tentara mereka dilibatkan. Jadi, menurut saya merasa pentingnya TNI diikutsertakan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto mengaku selama ini ada perbedaan definisi mengenai terorisme. Namun, saat ini pemerintah dan partai pendukung telah satu suara.

TNI juga akan dilibatkan dalam menangani kasus-kasus terorisme. Sebelumnya militer sama sekali tidak dilibatkan dalam menangani kasus terorisme. TNI hanya dilibatkan apabila diminta saja.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (gwn/JPC)


Close Ads
Marak Aksi Teror, Begini Perintah Prabowo Subianto ke Kadernya