JawaPos Radar

Polisi Temukan 50 Ribu Baby Lobster Siap Diselundupkan

16/04/2018, 22:48 WIB | Editor: Kuswandi
Lobster
Petugas kepolisian menunjukkan lobster yang akan diselundupkan (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Upaya penyelundupan baby (bayi) lobster ke luar negeri kembali ditemukan pihak Kepolisian. Kali ini, kasus tersebut dibongkar Subdit 4 Dittipiter Bareskrim Polri dan Polres Cilegon, usai menggerebek sebuah rumah beralamat di Kampung Kosambi I, Kecamatan Cinangka, Kabulaten Serang, Banten, Senin (16/4).

"Tempat tersebut berupa rumah yang digunakan menjadi lokasi penyimpanan dan penampungan baby lobster," kata Kapolres Cilegon AKBP Rizki Prakoso dalam keterangannya kepada wartawan. 

Dari hasil pemeriksaan dan penghitungan, tim menemukan kurang lebih 50.000 ekor benih lobster berikut perlengkapan seperti galon dan selang. 

Polisi
Ilustrasi: petugas kepolisian (Dok.JawaPos.com)

"Baby lobster tersebut rencana akan di selundupkan ke luar negeri, ini merupakan jaringan internasional," tegas Rizki. 

Dari TKP, penyidik turut mengamankan 10 orang yang merupakan karyawan atau pekerja di tempat tersebut. Penyidik pun sedang mendalami pemilik dari kegiatan tersebut, yakni pria berinisial J yang berdomisili di Jakarta. 

"Dia diduga melanggar ketentuan pidana. Dimana baby lobster merupakan satwa yang dilindungi oleh negara," sebut Rizki. 

Atas perbuatannya, J maupun anak buahnya diduga melanggar UU Nomor 31 tahun 2004 tentang Perikanan sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 45 tahun 2009 tentang perubahan atas UU Nomor 31 th 2004 ttg Perikanan dan Pasal 6 Jo Pasal 7 Jo Pasal 9 Jo Pasal 31 ayat (1) Undang - Undang RI Nomor 16 th 1992 ttg Karantina Ikan, Hewan dan Tumbuhan.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up