alexametrics

Ditahan KPK, Kakanwil Kemenag Jatim Diam Seribu Bahasa

16 Maret 2019, 17:15:21 WIB

JawaPos.com – Selain menahan, Ketua Umum (Ketum) PPP Romahurmuziy, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menahan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin. Mereka ditahan pasca penetapan tersangka terkait kasus pengisian jabatan pimpinan tinggi Kementerian Agama (Kemenag).

Muhammad Muafaq Wirahadi dan Haris Hasanuddin sendiri telah keluar dari ruang pemeriksaan dan mengenakan rompi oranye dengan tangan diborgol ketika akan ditahan, Sabtu (16/3). Namun, tak ada kata yang terucap dari mulutnya, mereka langsung bergegas menuju mobil tahanan KPK.

Keduanya diduga memberikan uang suap kepada Ketum PPP sekaligus anggota DPR, Romahurmuziy (Rommy). Rommy sudah ditahan KPK sekitar pukul 11.45 WIB.

“Dilakukan penahanan 20 hari pertama, yaitu, RMY ditahan di Rutan Cab KPK di belakang gedung KPK (K4), HRS ditahan di Rutan Cab KPK di Kantor KPK C1 dan MFQ ditahan di Rutan Cab KPK di Pomdam Jaya Guntur,” jelas juru bicara KPK Febri Diansyah pada awak media.

Ketiganya sebelumnya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) di Surabaya, Jawa Timur. Tim KPK mengamankan uang total Rp 156.758.000 dari sejumlah orang yang diamankan.

Rommy dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Sedangkan Muafaq Wirahadi dan Haris Hasanuddin disangkakan melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf atau huruf b atau Pasal 13 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Editor : Kuswandi

Reporter : Intan Piliang

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Ditahan KPK, Kakanwil Kemenag Jatim Diam Seribu Bahasa