alexametrics

BW: Jika Rommy Terima Ratusan Juta, Betapa Murahnya Harga Ketua Partai

16 Maret 2019, 10:34:25 WIB

JawaPos.com – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy diciduk tim Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi Jumat (15/3) pagi di Sidoarjo, Jatim. Atas tertangkapnya Rommy, mantan pimpinan KPK Bambang Widjojanto menilai, jika benar Rommy hanya menerima uang suap dengan jumlah kecil, maka hal ini menunjukkan murahnya nilai harga diri penyelenggara negara.

“Jika benar, uang suap yang diterima Rommy hanya ratusan juta rupiah saja, maka kasus ini juga dapat menunjukkan betapa murahnya harga seorang ketua partai,” ucap Bambang, kapada JawaPos.com, Sabtu (16/3).

Pria yang akrab disapa BW ini menambahkan, jika hal yang dialami Rommy merupakan cerminan rendahnya integritas pejabat publik. “Kasus Rommy, ketua Umum PPP, kian menegaskan ‘ketinggian atas kerendahan’ integritas sebagian kalangan pejabat publik, khususnya di partai politik,” kata BW.

Selain mencerminkan rendahnya nilai integritas, menurut pendiri Indonesia Corruption Watch (ICW) ini, apa yang dilakukan Rommy tak hanya menghina akal sehat dan dirinya sendiri, tapi juga sekaligus mempromosikan pada publik agar tidak memilih dirinya dan sekaligus partai yang dipimpinnya dalam pileg mendatang,” imbuhnya.

Menurut BW, dari kasus Rommy, yang sangat menyakitkan, PPP adalah partai ‘tertua’ yang berbasis Islam dan seyogianya mengedepankan akhlaqul karimah. Jika tindakannya terbukti, Rommy telah sangat melukai perasaan dan hati umat Islam.

 “Jika benar, uang suap yang diterima Rommy hanya ratusan juta rupiah saja, maka kasus ini juga dapat menunjukan betapa murahnya harga seorang ketua partai,” ucapnya.

Tak hanya itu, BW juga sangat mengkhawatirkan, kasus ini makin menunjukkan korupsi tak bersembunyi, tapi telah bersemayam dan menyatu dalam kehidupan partai politik. Padahal mereka lah salah satu muara dari kekuasaan yang ada di negeri ini.

“Ini mungkin pertanda, perubahan politik mendasar memang harus segera dilakukan di negeri ini dan partai punya tugas penting mendinamisir perubahan ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Intan Piliang

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
BW: Jika Rommy Terima Ratusan Juta, Betapa Murahnya Harga Ketua Partai