alexametrics

Jadi Tersangka, Begini Rekam Jejak Jefri Dalam Kasus Terorisme

16 Februari 2018, 09:34:38 WIB

JawaPos.com – Muhammad Jefri alias Abu Umar, pria yang ditangkap Densus 88 Antiteror dan dinyatakan meninggal dunia setelahnya, kini berstatus sebagai tersangka. Polri menduga, dia memiliki keterkaitan dengan sejumlah aksi teror.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, Jefri terlibat merancang aksi teror berupa penyerangan Mapolres dan Mako Brimob Tolitoli oleh kelompok Syamsu Riadi, yang ditangkap bersama Andi Rifan Munawar alias Afif dan Agung alias Faruq.

“Pada Bulan Agustus 2017 pelaku mengetahui perencanaan pembuatan bom mikronuc oleh kelompok young farmer yang akan digunakan untuk menyerang istana negara dan PT Pindad,” tambahnya saat menggelar konferensi pers di Mabes Polri semalam, Kamis (16/2).

Jefri juga mengakui terlibat dalam perkara tindak pidana terorisme berupa pelemparan bom ke Mapolsek Bontoala, Sulawesi Selatan pada 1 Januari 2018. Kemudian yang bersangkutan mengikuti kegiatan pelatihan fisik dalam rangka persiapan aksi di daerah Curug Pandawa bersama 5 orang kelompoknya dari JAD Subang pada 17 Januari 2018.

“Dan yang terakhir Muhammad Jefri alias Abu Umar pernah ditangkap pada tanggal 13 Februari 2016 di Karawang Jawa Barat karena diduga terlibat dengan kasus peledakan bom di Thamrin pada tanggal 14 Januari 2016,” tukasnya.

Sementara itu, Jefri sempat bersembunyi di kediaman Afif di Perumahan Taman Gosyen, Panakkukang, Sulawesi Selatan 22 Desember – 30 Desember 2018. Dia bersembunyi bersama Agung. 

Editor : Kuswandi

Reporter : (dna/JPC)

Jadi Tersangka, Begini Rekam Jejak Jefri Dalam Kasus Terorisme