alexametrics

Rakyat Berpesta Saat Bupati Cianjur Di-OTT, KPK Malah Minta Maaf

15 Desember 2018, 15:38:29 WIB

JawaPos.com – Sejumlah warga Kabupaten Cianjur berpesta merayakan ditangkapnya Sang Bupati bernama Irvan Rivano Muchtar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menanggapi akan adanya hal tersebut, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang meminta maaf pihaknya belum bisa membuat warga di daerah lain membuat perayaan seperti yang dilakukan warga Cianjur.

“KPK mohon maaf kalau ‘pesta’ (penindakan) seperti ini belum dilakukan di banyak tempat,” ucapnya saat dikonfirmasi, Sabtu (15/12).

Lebih lanjut, dia menegaskan sebenarnya banyak masyarakat Indonesia yang daerahnya ingin disambangi KPK dan menindak pemerintah daerah yang korup. Namun, pihaknya memiliki keterbatasan petugas dalam melakukan penindakan.

“Karena sebenarnya, kondisi di mana rakyat-rakyatnya ingin gelar ‘pesta’ itu ada di beberapa tempat atau daerah,” lanjutnya.

“Namun, KPK belum bisa memenuhi keinginan masyarakat lebih banyak lagi untuk ‘berpesta’ karena keterbatasan petugas ‘pasang tendanya’ (operasi tangkap tangan) KPK,” sebut dia.

Oleh sebab itu, dirinya berharap penambahan jumlah personel. Sehingga memungkinkan pihaknya menjerat kepala daerah lain yang terbukti melakukan korupsi.

Sekadar informasi, ribuan warga Kabupaten Cianjur tumpah ruah memenuhi alun-alun dan halaman Pendopo Bupati Cianjur, Jawa Barat. Warga menggelar syukuran dan makan bersama untuk merayakan penangkapan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar oleh KPK.

Irvan sendiri ditangkap melalui OTT atas dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan Kabupaten Cianjur Tahun 2018. Kader Partai Nasdem ini diduga memotong Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan sebesar 14,5 persen dari total Rp 46,8 miliar.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (ipp/JPC)



Close Ads
Rakyat Berpesta Saat Bupati Cianjur Di-OTT, KPK Malah Minta Maaf