alexametrics

Pasca Serangan KKSB Papua, Kondisi Mbua Berangsur Pulih

15 Desember 2018, 06:40:22 WIB

JawaPos.com – Kehidupan masyarakat di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua, berangsur membaik. Masyarakatnya yang sempat lari ke hutan mencari perlindungan dan menyelamatkan diri dari Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKB), kini mulai kembali.

Ya, hampir dua pekan sudah insiden pembantaian para pekerja yang dilakukan KKB di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua. Hingga merembet pada aksi penyerangan pos TNI Distrik Mbua.

“Saat ini situasi di Distrik Mbua sudah mulai normal, kegiatan sosial dan roda perekonomian sudah berjalan dengan baik,” ujar Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Infanteri Muhammad Aidi melalui pesan singkat, Jumat (14/12).

Namun sayangnya, hal serupa tidak terjadi di Distrik Yigi. Di sana katanya masih terlihat sepi, hanya beberpa warga yang bertahan di kampung.

Dari laporan yang diterima sebagian warga Yigi mengungsi ke Mbua, karena di Mbua diamankan oleh TNI. Sedangkan di Yigi, setiap saat terutama bila malam hari masih sering terdengar suara tembakan dari arah hutan ke kampung. “Mungkin juga sebagian warga ada yang berlindung ke hutan,” kata Aidi.

Dari penuturan warga Yigi yang mengunsi ke Mbua mengisahkan bahwa, pelaku pembantaian di Puncak Kabo di Yigi bukanlah warga Yigi. Kemungkinan mereka dari Mapenduma atau daerah lain.

Waktu kejadian warga berusaha menghalangi KKSB agar tidak membunuh orang yang tidak berdosa, tapi rakyat tidak punya kekuatan apa-apa. Bahkan saat KKSB melaksanakan penyisiran ke rumah-rumah warga guna mencari para pekerja bangunan, warga asli Yigi melindungi mereka.

“Mereka minta para pekerja agar lari menyelamatkan diri ke hutan karena KKSB akan menangkap dan membunuh mereka,” beber Aidi.

Bahkan sebagian warga asli Yigi membawa lari dan mengantar warga pendatang masuk hutan menuju Mbua, karena mereka yang tahu jalan. Hingga saat dilaporkan bahwa dua orang jenazah karyawan PT. Istaka Karya korban pembantaian KKSB di puncak Kabo Yigi belum ditemukan.

“Dua orang yang diperkirakan masih selamat juga belum diketahui nasibnya,” pungkas Aidi. 

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (dna/JPC)



Close Ads
Pasca Serangan KKSB Papua, Kondisi Mbua Berangsur Pulih