Soal Kapolda Metro Jaya Jadi Wakapolri, Ini Kata Mantan TB2

15/08/2018, 15:30 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Nama Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz disebut-sebut sebagai calon Wakapolri menggantikan Komjen Pol (Purn) Syafruddin yang kini menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Namun, Syafruddin mengatakan pengisian posisi TB2—sebutan untuk Wakapolri—akan ditentukan oleh Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri.

"Banyak bintang dua bagus, bintang tiga juga, terserah Wanjakti nanti saya tidak punya kewenangan lagi bicara tentang Wanjakti,” ujar Syafruddin usai dilantik sebagai MenPAN-RB di Istana Negara seperti dikutip dari JPNN.com (Jawa Pos Group), Rabu (15/8).

Syafruddin menuturkan, dirinya semasa menjadi Wakapolri juga memimpin Wanjakti. Namun, mantan ajudan Jusuf Kalla saat menjadi wakil presiden RI 2004-2009 itu mengaku mengaku sudah menyerahkan tugas dan jabatannya kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Jabatan saya sudah saya serahkan ke Kapolri malam tadi begitu Bapak Presiden menunjuk saya. Hari ini pelantikan. Ya itu (wakapolri) urusannya dengan Kapolri," ucapnya.

Saat pelantikan Syafruddin sebagai menteri, Idham juga terlihat hadir di Istana Negara. Dia berdiri di barisan perwira tinggi Polri yang hadir.

(jpg/ce1/bin/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi