JawaPos Radar

KH Ma'ruf Belum Lapor LHKPN, KPK: Yang Sudah Bisa Diakses Baru Prabowo

15/08/2018, 13:14 WIB | Editor: Ilham Safutra
KH Ma'ruf Belum Lapor LHKPN, KPK: Yang Sudah Bisa Diakses Baru Prabowo
Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ketika mengikuti tes kesehatan. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Hingga kemarin, bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden (bacapres-bacawapres) sudah membuat laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN). Dari empat capres dan cawapres, hanya Ma'ruf Amin yang belum melaporkan kekayaannya ke Direktorat LHKPN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sementara tiga tokoh lainnya sudah mengawali. Bahkan untuk Prabowo Subianto, ikhtisarnya sudah dapat diakses oleh publik melalui website elkhkpn.kpk.go.id. Terbaru, calon yang sudah melapor LHKPN yakni Sandiaga Uno. Dia datang langsung ke kantor lembaga antirasuah itu.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyebut, bacapres Jokowi sudah menuntaskan syarat LHKPN yang dilakukan secara online. "Proses berikutnya adalah pemberitahuan pada pelapor LHKPN dan pengumuman di website KPK," ujar Febri Diansyah pada awak media, Rabu (15/8).

KH Ma'ruf Belum Lapor LHKPN, KPK: Yang Sudah Bisa Diakses Baru Prabowo
Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin saat mendaftar ke KPU sebagai capres dan cawapres. (Miftahulhayat/Jawa Pos)

Mantan aktivis ICW itu menjelaskan, sekitar dua atau tiga hari ke depan masyarakat sudah dapat mengakses ikhtisar laporan kekayaan calon presiden atau calon wakil presiden. "Bisa diakses di website elkhkpn.kpk.go.id pada bagian e-announcement," sebutnya.

Khusus untuk Ma'ruf Amin, Febri mengimbau untuk segera melaporkan e-LHKPN-nya. Padahal sebagaimana diketahui, Ma'ruf Amin baru saja bertolak ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji.

Dia menyebut, hingga kini memang baru Prabowo yang baru bisa diakses harta kekayaannya. "LHKPN capres dan cawapres yang sudah bisa diakses baru Prabowo Subianto," tandasnya.

(ce1/ipp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up