alexametrics

Pembentukan Pansel Pimpinan KPK oleh Presiden Disambut Baik

15 Mei 2019, 10:23:43 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan segera menandatangani keputusan terkait pembentukan panitia seleksi (Pansel) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pansel KPK itu akan diisi oleh akademisi, praktisi, pemerintah, hingga dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang pemberantasan korupsi.

Juru bicara KPK Febri Diansyah menyatakan, pihaknya menyambut positif rencana Presiden Jokowi yang akan membentuk pansel pimpinan KPK untuk periode 2019-2023.

“Untuk seleksi pimpinan KPK, saya belum dapat info itu dan kalau kita baca pihak Presiden akan bentuk pansel, saya kira bagus. Memang sebaiknya pansel segera dibentuk sesuai dengan rencana yang disampaikan Presiden juga,” kata Febri di kantornya, Selasa (14/5) malam.

Mantan peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) ini menilai, seleksi pimpinan KPK membutuhkan waktu karena ada sejumlah tahapan yang harus dilalui. Sehingga pansel memang selayaknya harus segera dibentuk.

“KPK secara kelembagaan berharap hasil seleksi ini nanti betul-betul jadi sumbangsih krusial kerja KPK ke depan karena hasil seleksi Presiden akan dibawa ke DPR dan dipilihlah lima orang nanti yang akan memimpin KPK 4 tahun ke depan,” jelas Febri.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan sejauh ini nama-nama calon anggota pansel KPK yang masuk terdiri dari beragam latar belakang, mulai dari akademisi, praktisi hukum, aktivis LSM hingga unsur pemerintah. Nama-nama itu muncul dari masukan berbagai pihak.

“Dari banyak, satu-satu kita lihat. Ya kayak lima tahun yang lalu, satu per satu kita lihat ya, minggu ini kita akan tandatangani,” jelas Jokowi usai buka puasa bersama di rumah Ketua DPR Bambang Soesatyo, di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Senin (13/5) malam.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads