alexametrics

DPR Beri Garansi, Jokowi Tak Perlu Terbitkan Perppu soal Terorisme

15 Mei 2018, 04:23:43 WIB

JawaPos.com – Pemerintah dan juga partai pendukung pemerintah sepakat Revisi Undang-Undang tentang Tindak Pidana Terorisme segera dirampungkan. Semua fraksi diklaim satu suara.

“Saya kira tidak ada sepemahaman saya, fraksi yang menolak, dan kemarin saya tidak melihat ada yang menolak,” ujar Anggota Pansus Revisi UU Tindak Pidana Terorisme, Arsul Sani saat ditemui di kediaman Menkopolhukam Wiranto, Jalan Denpasar, Jakarta, Senin (14/5).

Hanya saja, lanjut Arsul, memang selama ini belum ada kesepakatan mengenai definisi terorisme antara DPR dengan pemerintah. Sehingga revisi itu urung segera diketok palu.

“Hanya ini memang harus kita dalami karena kesepakatannya,” katanya.

Anggota Komisi III DPR ini juga menilai, tidak perlu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu).

Karena pembahasannya sudah mulai final, hanya tinggal definisi mengenai terorisme saja.

“Nah kalau Perppu dikeluarkan nanti ada proses yang panjang di DPR lagi,” pungkasnya.

‎Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto mengklaim pemerintah dan juga partai pendukung Jokowi sudah sepakat, mengenai definisi terorisme.

Sehingga saat ini telah kompak satu suara terkait Revisi UU tentang Tindak Pidana Terorisme segera dikebut penyelesaiannya.

“Pertama definisi kita sepakati sudah selesai,” ujar Wiranto usai rapat tertutup dengan para partai pendukung Jokowi, Jalan Denpasar, Kuningan, Jakarta, Senin (14/5).

Kemudian ungkap Wiranto, TNI juga akan dilibatkan dalam menangani kasus-kasus terorisme, yang dahulu militer sama sekali tidak dilibatkan dalam menangani kasus terorisme.

TNI hanya dilibatkan apabila diminta saja.

“Jadi pelibatan TNI sudah selesai tidak ada yang perlu diperdebatkan,” katanya.

Menurut Wiranto pelibatan TNI ini karena terorisme ini perlu dihadapi dengan maksimal dari aparat keamanan.

Bukan hanya kepolisian saja. Masyarakat juga jangan takut bahwa TNI akan bertindak superior dengan kewenangan dilibatkan dalam penanganan terorisme.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (gwn/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

DPR Beri Garansi, Jokowi Tak Perlu Terbitkan Perppu soal Terorisme