alexametrics

Video Conference dengan Forkopimda, Wiranto Perintahkan Tangkap Pengacau Pemilu

15 April 2019, 11:40:00 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menggelar video conference dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan seluruh pemangku kepentingan. Ia memberi arahan agar pemilu berjalan aman, tertib, dan lancar.

Ia bersyukur tahapan demi tahapan sebelumnya telah berjalan dengan baik, kendati tak menafikkan ada permasalahan teknis di beberapa daerah. Pemerintah, penyelenggara, dan seluruh stakeholder terkait katanya akan memperbaikinya.

Kini semua pihak harus fokus untuk hari pencoblosan. Ia memerintahkan agar tahap ini pun dapat dilaksanakan secara aman, damai, tertib, dan sukses

Aman kata Wiranto berarti pemilih berangkat dari rumah sampai TPS tanpa ancaman. “Melaksanakan hak pilih mereka bebas dan tetap rahasia,” ujarnya saat membuka rapat di Kantor Kementerian Polhukam di Jakarta, Senin (15/4).

Lancar yakni penyelenggara harus sudah menyiapkan kelengkapan di TPS dan penghitungan. Sukses yaitu pencoblosan menghadirkan satu suara rakyat yang menghantar kepada pemimpin yang membawa bangsa ini lebih baik lagi selama lima tahun ke depan.

“Tidak mungkin tanpa keamanan dapat lancar. Tidak mungkin sukses kalau tidak lancar,” sebutnya.

Lebih lanjut Wiranto menuturkan bahwa ujung tombak pelaksanaan pemilu ada di daerah masing-masing. Untuk itu, ia meminta kepada aparat keamanan terkait untuk mengawasi dan menetralisir semua gangguan yang dapat mengusik kelancaran pemilu.

“Kalau ada indikasi pihak tertentu yang ganggu, ancam lancarnya pemilu, segera temukan, cari, dan netralisir dengan segera. Jangan sampai kita lengah,” tegas Wiranto.

Aparat harus bisa membuat dan menciptakan ruang yang aman bagi para pemilih untuk dapat berangkat dari rumah ke TPS dan melaksanakan pemilihan dengan bebas tanpa tekanan. Bila perlu, bantu penyelenggara pemilu apabila ada sesuatu yang kurang.

“Pasang mata dan telinga, netralisir setiap indikasi yang ganggu pemilu. Cari temukan dan atasi sebelum mereka lakukan kegiatan yang ganggu pemilu dan pemilih,” imbaunya lagi.

Penghitungan suara juga perlu dikawal dengan ketat. Terakhir, netralitas sebagai aparat juga harus dijaga.

“Gunakan moto yang saya sampaikan bahwa menangamankan pemilu adalah kehormatan. Pemilih sukses adalah kebanggaan kita,” pungkas Wiranto.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini

Close Ads