JawaPos Radar

Abu Tours Diduga Lakukan TPPU

15/02/2018, 01:49 WIB | Editor: Budi Warsito
Abu Tours Diduga Lakukan TPPU
Kondisi kantor Abu Tours Cabang Palembang yang disegel oleh Polda Sumsel (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) telah melakukan pemeriksaan terhadap 40 orang saksi terkait kasus dugaan penipuan agen perjalan umroh Abu Tours, Rabu (14/4).

Ke 40 orang saksi itu, juga merupakan korban yang tak kunjung diberangkatkan oleh agen perjalanan tersebut. Dari hasil pemeriksaan tersebut, Polda Sumsel menduga, ada indikasi Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang dilakukan Abu Tours.

Kapolda Sumsel Irjen Zulkarnain Adinegara mengatakan, indikasi ini berdasarkan informasi dari saksi atau korban. Mereka mengatakan bahwa, sejumlah barang sudah dibawa keluar dari kantor Abu Tours di Palembang.

Meskipun begitu, pihaknya masih berusaha melakukan penyelidikan. Mengingat saat ini belum ada karyawan, bos ataupun pemilik yang diperiksa. Dan hanya pemeriksaan sebatas saksi atau korban Abu Tours.

"Sejauh ini kami belum dapat menetapkan tersangka. Tapi seiring waktu kami akan menentukan siapa yang akan menjadi tersangka dalam kasus ini," katanya, Rabu (14/2).

Untuk upaya penggeledahan sendiri, pihaknya telah mengajukan izin kepada Pengadilan Negeri Palembang. Namun, hingga saat ini, izin tersebut belum diturunkan. Sehingga, Polda Sumsel belum dapat melakukan penggeledahan di Kantor Abu Tours.

"Sejauh ini yang kami ketahui, ada dugaan penggelapan uang jemaah dengan modus umrah yang murah," tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Abu Tour Cabang Palembang Yuli, saat dihubungi enggan berkomentar banyak. Namun, dirinya menegaskan bahwa pernah melakukan pemindahan barang yang ada di Kantor Palembang. Hanya saja, pihaknya mengamankan dokumen yang ada di Kantor Cabang Palembang.

"Kami hanya mengamankan dokumen para jemaah agar tidak hilang," singkatnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up