alexametrics

Kasus Perizinan Meikarta, Anak Buah Prabowo Yakin Tjahjo Tak Korupsi

15 Januari 2019, 15:05:42 WIB

JawaPos.com – Nama menteri dalam negeri Tjahjo Kumolo ikut terseret dalam dugaan keterlibatan dalam perizinan proyek Meikarta di Kabupaten Bekasi. Mantan sekjen PDI Perjuangan itu disebut oleh eks Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin, di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Senin (14/1) lalu.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria membela Tjahjo dalam dugaan kasus keterlibatan dalam kasus perizinan Meikarta. Dia bilang, selama ini mengenal anak buah Megawati itu baik sebagai mitranya di Komisi II DPR RI.

“Sejauh ini saya mengenal pribadi Mas Tjahjo baik, dan jauh dari kasus korupsi. Selama saya di komisi II sebagai mitra kerja. Namun demikian, saya tidak tahu apa yang disampaikan persis oleh Bu Neneng, mudah mudahan apa yang disampaikan itu tidak betul,” kata Riza di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (15/1).

Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu berharap, Tjahjo tidak tersangkut masalah korupsi sebagaimana yang diberitakan media. Pasalnya, dia menilai tugas mendagri sangat strategis di dalam struktur pemerintahan Indonesia.

“Mendagri itu menteri yang utama, menteri yang central, menteri yang menjadi teladan, contoh bagi seluruh pejabat. Tidak hanya di daerah, bahkan di pusat, sampai ke tingkat gubernur, bupati, wali kota, camat, kelurahan desa sampai RT. Mendagri itu teladannya, bapaknya pejabat lah kira kira gitu,” tuturnya.

“Jadi, saya yakin sampai hari ini mendagri tidak terlibat dalam kasus seperti itu,” sambungnya.

Di sisi lain, Riza menghimbau kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk tidak tebang pilih dalam penanganan kasus korupsi. Apalagi kalau sampai ada dugaan upaya untuk menjatuhkan orang yang tidak bersalah.

“KPK harus tidak tebang pilih, tidak ada yang disembunyikan, dan jangan menarik narik orang yang tidak terlibat. Jadi, KPK harus independen, netral, profesional, berintegritas,  berani, jujur dan tidak boleh menarik orang yang tidak terlibat. Tapi kalau ada orang terlibat tidak boleh juga disembunyikan,” pungkasnya.

Sebelumnya, nama Tjahjo disebut-sebut dalam persidangan kasus suap perizinan proyek Meikarta di Kabupaten Bekasi ‎yang menghadirkan saksi eks Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin, di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Senin (14/1).

“Saat itu, saya dipanggil ke ‎ruangan Pak Dirjen Otonomi Daerah Soemarsono di Jakarta. Saat itu, Mendagri menelpon ke Pak Soemarsono, berbicara sebentar kemudian telpon Pak Soemarsono diberikan kepada saya, dan Tjahjo Kumolo bilang ke saya, ‘tolong perijinan Meikarta dibantu,” jelas Neneng menirukan ucapan Tjahjo.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Igman Ibrahim

Kasus Perizinan Meikarta, Anak Buah Prabowo Yakin Tjahjo Tak Korupsi