JawaPos Radar | Iklan Jitu

Mantan Pejabat Kemendagri Dudy Jocom Divonis 4 Tahun Penjara

14 November 2018, 15:38:20 WIB | Editor: Kuswandi
Dudy Jocom
Mantan Kepala Pusat Administrasi Keuangan dan Pengelolaan Aset (AKPA) Kementerian Dalam Negeri Dudy Jocom divonis empat tahun penjara oleh majelis hakim tindak pidana korupsi (Tipikor), Jakarta, Rabu (14/11) (Ridwan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Mantan Kepala Pusat Administrasi Keuangan dan Pengelolaan Aset (AKPA) Kementerian Dalam Negeri Dudy Jocom divonis empat tahun penjara oleh majelis hakim tindak pidana korupsi (Tipikor), Jakarta.

"Menyatakan, mengadili melakukan korupsi secara bersama-sama, menjatuhkan pidana penjara empat tahun dan denda Rp 100 juta subsider satu bulan kurungan," kata Ketua Majelis Hakim Sunarso saat membacakan amar putusan di PN Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (14/11).

Selain itu, majelis hakim dalam putusannya menyebut Dudy Jocom harus membayar uang pengganti sebesar Rp 4,2 miliar. Namun jika uang pengganti tidak dibayar maka harta bendanya akan disita.

"Apabila tidak dibayar juga maka dipidana satu tahun," ungkapnya.

Dalam pertimbangannya, hakim menyebut terdapat hal-hal yang memberatkan yakni tidak mendukung pemerintah dalam upaya pemberantasan korupsi dan terdakwa tidak mengakui perbuatannya.

Namun terdapat hal-hal yang meringankan, yakni terdakwa belum pernah dijerat hukum dan berlaku sopan selama persidangan.

Atas perbuatannya, Dudy Jocom terbukti melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up