JawaPos Radar

Rumahnya Hendak Diambil Alih TNI, Warga Gugat ke Pengadilan

14/09/2017, 15:17 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Rumahnya Hendak Diambil Alih TNI, Warga Gugat ke Pengadilan
Kompleks Akabri di Jalan Prof Dr Saharjo, Menteng Pulo, Setiabudi, Jakarta Selatan. (Elfiany Kurniawan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Puluhan kepala keluarga yang ada di Kompleks Perumahan Akabri di Jalan Prof Dr Saharjo, Menteng Pulo, Setiabudi, Jakarta Selatan, sedang harap-harap cemas. Pasalnya TNI sedang berusaha mengambil kediamannya yang berada di lokasi strategis itu.

Viviet S Putri, salah satu perwakilan warga menuturkan, mereka terus berupaya menolak pengambilalihan tanpa prosedur itu. Apalagi rumah itu telah didiami warga lebih dari 50 tahun lamanya.

Saat ini pihaknya melalui Komnas HAM, Komisi I DPR RI maupun dengan Sumengkar (Eks Danjen), penghuni Kompleks Akabri yang diwakili oleh KKBPA (Kerukunan Keluarga Besar Penghuni Komplek Akabri), telah mengundang pihak Mako Akademi TNI untuk bertemu.

"Kami bermaksud melakukan mediasi guna mencapai kesepakatan yang baik terhadap permasalahan ini, yang sayangnya hal ini kurang dianggap secara serius oleh pihak Mako Akabri," kata dia di lokasi.

Atas hal itu, warga melalui kuasa hukum, per tanggal 1 Agustus telah mengajukan gugatan perkara ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan sejumlah tuntutan.

"Kami mempertanyakan dan mengugat keabsahan Sertifikat Hak Pakai Mako Akademi TNI terhadap lahan dan bangunan Kompleks Akabri," ucapnya.

Pihaknya pun menuntut pencabutan Sertifikat Hak Pakai dan mengembalikan hak kepada warga penghuni sebagai pemilik sah. "Kami mengajukan keberatan dan menuntut keadilan dalam rencana pengalihan lahan terkait," tambah dia.

Dengan adanya usaha pengambilalihan itu, warga menduga pihak developer kemungkinan besar telah menggunakan pendekatan ke institusi Mako Akademi TNI. "Hal ini menilik dari area lahan yang ada sekarang letaknya jauh dari area kerja Mako Akademi TNI," tambah dia. (elf)

(elf/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up