alexametrics

Gubernur Kalteng Kantongi Nama Bos Pembakar Lahan

14 Agustus 2019, 23:39:54 WIB

JawaPos.com – Tertangkapnya Haryadi, 43, pelaku pembakaran lahan menjadi pintu masuk bagi aparat untuk mengungkap komplotan pembakar lahan yang diduga teroganisir. Apalagi pelaku sudah menyebut nama orang yang menyuruhnya membakar lahan.

“Kemarin sempat saya tanya (pelaku, red) kenapa membakar lahan. Dia mengaku orang Seruyan dan tinggal di Kotawaringin Barat serta bekerja di PT Tanjung Lingga. Setelah kita cek tidak ada. Inikan seperti sudah diajari. Bahkan ketika ditanya wartawan mengaku membakar agar kepala daerah diganti,” ujar Gubernur Sugianto Sabran menceritakan percakapannya dengan pelaku pembakaran lahan.

Pernyataan itu dikemukakan Sugianto Sabran usai mengukuhkan Dewan Pimpinan Pusat Angkatan Penerus Perjuangan Gerakan Mandau Talawang Pancasila (DPP APP-GMTPS) Kalteng masa jabatan 2019-2024, Rabu (14/8).

Sugianto menyebut bahwa pelaku memberikan keterangan berbeda-beda dan seperti orang yang telah diajari ketika ditangkap. Namun, pelaku ada menyebutkan nama yang memerintahkannya untuk membakar lahan tersebut.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. (Ist/Pemprov Kalteng)

“Pelaku sudah mengakui disuruh oleh seseorang untuk membakar. Dan pelaku sudah menyebutkan nama seseorang yang memberi perintah tersebut. Ini memang tidak saya ungkap kemarin karena kami minta ini diselidiki,” ujarnya.

Gubernur meminta siapa pun nanti yang terlibat harus diusut tuntas. Untuk itu, aparat tidak pandang bulu terhadap pelaku pembakaran yang merugikan masyarakat Kalteng.

“Siapa pun. Mau orang miskin atau atau orang kaya atau pejabat. Semua harus diusut tuntas. Ini merugikan masyarakat Kalteng,” tegasnya.

Sugianto Sabran menyayangkan jika pelaku disebut orang gila. “Nanti kalau semua disebut orang gila, banyak kasus yang tidak terungkap. Sebab semua disebut orang gila yang melakukan. Intinya kasus ini kita serahkan kepada aparat penagak hukum untuk diproses,” tandasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ARM



Close Ads