alexametrics

Hasil Otopsi, Wakil Bupati Sangihe Meninggal Dunia Bukan Karena Racun

14 Juni 2021, 11:08:28 WIB

JawaPos.com – Tim Forensik Polda Sulawesi Utara telah melakukan otopsi terhadap jenazah Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong. Hasilnya, dipastikan jika Hermud meninggal akibat sakit.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, Helmud didiagnosa mengalami komplikasi penyakit. Penyakit tersebut sudah dideritanya selama bertahun-tahun.

“Ia benar sudah dilakukan autopsi dan penyebab kematian wakil bupati diduga karena komplikasi penyakit menahun yang diderita,” kata Jules kepada wartawan, Senin (14/6).

Polri juga membantah kabar kematian Helmud karena racun. “Pada saat pemeriksaan tidak ditemukan adanya racun,” imbuhnya.

Kendati demikian, Tim Forensik tetap mengambil beberapa sampel organ tubuh dari almarhum untuk diperiksa lebih lanjut di Laboratorium Forensik (Labfor). Pemeriksaan akan selesai pada 2 minggu ke depan.

Otopsi kepada jenazah Helmud sendiri dilakukan di Ruang Pemulasaran Jenazah Rumah Sakit Liung Kendage Tahuna pada hari ini. Pemeriksaan dilakukan pukul 05.30 sampai 07.10 WIB.

Sebelumnya, Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Helmud Hontong, tutup usia, Rabu (9/6). Wabup meninggal dunia saat berada di pesawat dalam penerbangan Denpasar–Ujungpandang.

Pejabat Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Sangihe Maya Budiman mengatakan, informasi yang diperolehnya, Helmud Hontong menumpang pesawat dengan nomor penerbangan JT.740 menempati seat 25E ditemani Harmen Kontu, ajudannya yang duduk di seat 25F.

”Pukul 16.17 saat di Bandara Hasanuddin Makassar, dokter dan perawat segera naik ke pesawat untuk mengecek kondisi Bapak Helmud yang sudah tidak sadarkan diri,” terang Maya seperti dilansir dari Antara.

Setelah melakukan pemeriksaan, dokter menyatakan Helmud Hontong telah meninggal dunia.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads