alexametrics

Lapas Nusakambangan Bakal Jadi Penampungan Napi Bandel Cipinang

14 Juni 2017, 16:05:57 WIB

JawaPos.com – Tindakan tiga orang narapidana di Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Cipinang, Jakarta Timur mencoreng nama Kemenkumham. Sebagai hukumannya, tiga napi bandel itu akan dipindahkan ke Nusakambangan.

“Dalam rangka pengawasan di Lapas Cipinang, kami ada rencana pemindahahan napi ke Nusakambangan,” kata Kepala Kanwil Hukum dan HAM DKI Jakarta Endang Sudirman di kantor Dirjen Imigrasi, Rabu (14/6).

Selain itu, alasan pemindahan ini juga karena overload napi di Lapas Cipinang. Ditambah, minimnya jumlah sipir yang mengawasi aktivitas napi di penjara. 

“Kami ini tidak mampu mengawasi sehari-hari, 400 orang diawasi 2 orang dalam 1 blok ini,” tambah dia.

Meski kata dia peralatan di Lapas Cipinang sudah bagus karena dilengkapi x ray body scanner, tetap saja kesulitan bila jumlah napi terlalu banyak. 

“Saya pikir langkah pemindahan ini dianggap yang paling tepat,” paparnya.

Namun pemindahan akan dilakukan bila ketiga napi itu telah selesai diperiksa Badan Narkotika Nasional (BNN). Karena saat ini ketiganya masih dalam penguasaan BNN.

“Sekarang belum dipindahkan. Nanti akan dilakukan pendalaman karena ini jelas melanggar. Nanti kami lihat ketiganya terlibat langsung atau tidak,” tukas dia. (elf/JPG)

Editor : Dimas Ryandi



Close Ads
Lapas Nusakambangan Bakal Jadi Penampungan Napi Bandel Cipinang