alexametrics

Dianggap KKSB, 2 Warga Sipil di Timika Tewas Ditembak Aparat

14 April 2020, 19:00:47 WIB

JawaPos.com – Dua orang warga sipil di Timika, Papua dikabarkan tewas tertembak oleh aparat. Dua warga bernama Robi Wandik dan Eden Armando Debari itu tewas diterjang timah panas aparat lantaran dianggap anggota Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB).

Namun, belakangan diketahui keduanya bukan bagian dari KKSB. Melainkan hanya warga biasa yang hendak mencari ikam di area Mile 34. Peristiwa ini terjadi pada Selasa (14/4) sekitar pukul 16.00 WIT.

Keluarga yang tak terima, dikabarkan menggelar demo di depan halaman RSUD Mimika. Mereka menolak jika keluarganya tersebut dianggap bagian dari KKSB.

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dan Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw langsung mendatangi pihak keluarga korban. Herman menjanjikan akan mengusut kasus ini hingga tuntas.

“Kami akan bentuk tim investigasi dan proses hukum akan berjalan. Itikad kami untuk menyelesaikan dan saat ini saya dan Kapolda hadir disini,” ujar Herman di RSUD Mimika, Papua, Selasa (14/4).

Dia meminta kepada keluarga agar tetap tenang. Keluarga diminta mempercayakan kasus ini kepada aparat untuk diselesaikan. Dia mengaku dapat memahami apa yang dirasakan keluarga saat ini.

Sementara itu Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw pun memastikan proses hukum akan berjalan bagi para pelaku penembakan. Dia tak mau lagi afa peristiwa salah seperti ini yang menyebabkan warga tak bersalah tewas.

“Terkadang kami sulit juga untuk bisa membedakan mana kelompok-kelompok yang berseberangan dengan kita,” kata Paulus.

Kendati demikian, Paulus berharap kedua korban bisa segera dimakamkan. “Kita segera menyampaikan duka cita kepada warga kemudian mempersiapkan semua proses sampai dengan pemakaman dari kedua almarhum ini,” pungkasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini: