alexametrics

Teroris Lampung-Sibolga Rencanakan Aksi Bom Bunuh Diri

14 Maret 2019, 17:42:07 WIB

JawaPos.com – Kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) jaringan Lampung-Sibolga merencanakan aksi bom bunuh diri. Namun mereka melakukannya secara lonewolf atau sendiri. 

“Serangan person to person. Polanya mereka satu orang tapi bisa memberikan efek,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Kamis (14/3).

Serangan secara lonewolf itu bisa dilihat dari rangkaian bom yang ditemukan di kediaman tiga terduga teroris di Sibolga, Sumatera Utara. Beberapa berbentuk rompi.

Teroris Lampung-Sibolga Rencanakan Aksi Bom Bunuh Diri
Lokasi penggerebekan teroris di Sibolga (Toga Sianturi/New Tapanuli)

Mereka ingin membuat efek yang besar dari aksi itu. Tentu, sasarannya adalah pihak Kepolisian. “Kalau misalnya serang polda saja, bisa kemana-mana tingkat kerusakannya, jumlah korban aparat keamanan cukup banyak,” terang Dedi.

Sejauh ini, total ada lima terduga teroris yang diamankan Densus 88 Antiteror di Sumatera Utara dalam tiga hari terakhir. Di Sibolga, tim menangkap Husain alias Abu Hamzah, AK alias Ameng alias Abu Halimah, dan ZP alias Ogek Zul.

Lalu siang tadi kabarnya ditangkap pula terduga teroris R di Tanjungbalai dan M di Tapanuli Tengah. Sementara, satu orang tewas. Yakni, istri Abu Hamzah, Solikah yang melakukan aksi bom bunuh diri di kediamannya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini



Close Ads
Teroris Lampung-Sibolga Rencanakan Aksi Bom Bunuh Diri