alexametrics

Ini Peran 2 Teman Abu Hamzah yang Juga Ditangkap

14 Maret 2019, 13:43:33 WIB

JawaPos.com – Dua terduga teroris juga diringkus Densus 88 Antiteror Mabes Polri pasca penangkapan Husain alias Abu Hamzah. Keduanya ditangkap di Kota Sibolga, Sumatera Utara.

Kata Kepala Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Mereka yang ditangkap yakni, AK alias Ameng alias Abu Halimah dan ZP alias Ogek Zul.

Ameng ditangkap di Jalan Kutilang, Kecamatan Sibolga Selatan. Di dalam kelompok, dia merupakan penyandang dana guna membeli berbagai kebutuhan untuk merakit bom. Jumlahnya sebesar Rp 15 juta.

Ini Peran 2 Teman Abu Hamzah yang Juga Ditangkap
Polisi berjaga di lokasi ledakan yang dilakukan terduga teroris (Dok New Tapanuli/ Jawa Pos Group)

Dari tangan Ameng, polisi katanya menyita satu buah bom rompi berisi 10 buah pipa bom elbow, kemudian satu kardus berisi bahan peledak yang masih diperiksa di laboratorium forensik.

Sementara Ogek yang diciduk di Jalan Singsingmangaraja, Kota Sibolga, berperan aktif dalam merencakan amaliah. Doa juga menyimpan bahan-bahan peledak yang akan digunakan oleh tersangka Hamzah.

Setidaknya, ada 300 kilogram bahan peledak yang diamankan polisi dari kedua tersangka tersebut. “Ini cukup besar,” tegas Dedi di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Kamis (14/3).

Tim Densus 88 Antiteror kata dia masih terus melakukan pengembangan terhadap kelompok ini. Patut diduga, masih ada rekan-rekan Hamzah yang belum tertangkap mengingat bahan peledak yang disita cukup banyak

“Tentunya butuh anggaran yang cukup besar untuk bisa membeli bahan baku tersebut. Kita masih mendalami siapa yang berperan sebagai penyandang dana terhadap kelompok Sibolga ini,” pungkas Dedi.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Desyinta Nuraini

Ini Peran 2 Teman Abu Hamzah yang Juga Ditangkap