alexametrics

KPK Akan Periksa Dirut Wijaya Karya Terkait Kasus Jembatan Bangkinang

14 Januari 2021, 11:41:35 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Direktur Utama (Dirut) PT Wijaya Karya, Agung Budi Waskito dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Jembatan Waterfront City atau Jembatan Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau tahun anggaran 2015-2016. Agung Budi bakal diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka Iketut Suarbawa, selaku Manajer Divisi Operasi I PT Wijaya Karya.

“Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk penyidikan tersangka IKS,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (14/1).

Selain Agung Budi, penyidik lembaga antitasuah juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap karyawan PT Wijaya Karya, Ade Wahyu. Dia juga akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka I Ketut Suarbawa.

KPK telah menahan Manajer Wilayah PT Wijaya Karya (WIKA), I Ketut Suarbawa. Petinggi perusahaan plat merah itu merupakan tersangka kasus korupsi Pembangunan Jembatan Waterfront City Tahun Anggaran 2015-2016 di Kabupaten Kampar, Riau.

Selain I Ketut, lembaga antirasuah juga menahan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Adnan (ADN) dalam perkara tersebut. Adnan dan Ketut ditetapkan KPK sebagai tersangka pada 14 Maret 2019 lalu.

Keduanya diduga telah menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi dalam pengadaan dan pelaksaksanaan pekerjaan pembangunan Jembatan Waterfront City atau Jembatan Bangkinang Tahun Anggaran 2015-2016 di Kabupaten Kampar, Riau.

KPK menduga, dalam proyek ini telah terjadi kerugian keuangan negara setidak-tidaknya sekitar Rp50 miliar dari nilai proyek pembangunan jembatan Waterfront city secara tahun jamak di Tahun Anggaran 2015 dan 2016 dengan total nilai kontrak Rp117,68 miliar.

Atas perbuatannya, dua tersangka tersebut disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Muhammad Ridwan


Close Ads