alexametrics

2 Prajurit TNI yang Ditembak KKB Tiba di Timika

13 Desember 2018, 15:30:29 WIB

JawaPos.com – Penanganan kasus di Nduga, Papua, terus dilakukan tim Gabungan TNI-Polri. Hari ini, 6 orang pekerja dan 2 prajurit TNI berhasil dievakuasi. Namun 6 orang pekerja bangunan yang dievakuasi bukan dari PT Istaka Karya. Melainkan PT. Joy Karya yang juga sedang mengerjakan pembangunan di Distrik Yigi.

Sedangkan 2 prajurit TNI terluka saat kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Selasa (11/12) kemarin. Evakuasi sendiri dilakukan dengan menggunakan helikopter MI 17.

“Dua prajurit TNI yang terluka saat kontak tembak di Yigi telah tiba di Timika bersama enam orang pekerja bangunan PT Joy Karya,” ujar Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Infanteri Muhammad Aidi dalam pesan singkatnya, Kamis (13/12).

Kedua prajurit tersebut yakni, Pratu Aswat dan Pratu Budi. “Selanjutnya akan dievakuasi menuju RSPAD Jakarta,” tutur Aidi.

Diketahui, Pos TNI-Polri yang dibentuk di Yigi, Nduga, Papua, pasca pembantaian KKB diserang. Penyerangan ini berlangsung sekitar pukul 06.15 WIT. Kontak senjata pun tak terelakkan.

Serangan berasal dari arah barat yang tertutup pepohonan. Tepatnya di atas ketinggian jarak sekitar 500-600 meter dari pos TNI. Anggota TNI yang ada di pos berusaha membalas tembakan sehingga terjadi kontak tembak.

Mendapatkan serangan, prajurit TNI bukannya lari meninggalkan pos, malah separuh kekuatan dipimpin Lettu Infanteri Ardan berusaha mengejar. Sisanya mengamankan pos dan mengikat tembakan.

Kelompok bersenjata itu melarikan diri secara terpencar. Namun pasukan tetap melakukan pengejaran dengan memanfaatkan jejak KKSB yang ditemukan.

Akibat serangan tersebut dilaporkan dua prajurit mengalami luka tembak. Korban yakni Pratu Budi yang mendapat luka tembak di bahu dan Praka Aswad luka ringan di pelipis karena recosed munisi.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (dna/JPC)



Close Ads
2 Prajurit TNI yang Ditembak KKB Tiba di Timika