alexametrics

10 Pekerja Selamat dari KKB Papua, 4 Orang Dievakuasi Petugas

13 Desember 2018, 19:30:46 WIB

JawaPos.com – Evakuasi terhadap pekerja di Distrik Yigi terus dilakukan aparat gabungan TNI-Polri. Adapun mereka sebelumnya menjadi sasaran dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Hari ini, empat pekerja berhasil dievakuasi. Mereka merupakan pekerja bangunan di Distrik Yal, Kabupaten Nduga, Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, keempat orang tersebut dibawa ke Bandara Kenyam dari Polsek Kenyam dengan menggunakan mobil patroli, sekitar pukul 12.00 WIT,

“Pukul 12.21 WIT Pesawat Twin Otter Carpediem Air PK-CDJ seri 400 take off dari Bandara Kenyam menuju Bandara Timika dengan membawa empat orang pekerja Puskesmas Distrik Yal,” kata Kamal dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/12).

Pekerja bangunan itu diantaranya, DM, DM, SA dan JT. “Keempat orang pekerja tukang tersebut direncanakan akan berangkat ke Manado pada hari Jumat 14 Desember 2018,” tuturnya.

Diketahui, selain empat orang, ada enam orang pekerja lagi yang ditemukan selamat. Mereka dievakuasi dari Distrik Yal dan Distrik Koroptak ke Polsek Kenyam. Keenam orang pekerja itu diantaranya, CR, IS, SM, AR, GT, dan YM.

Semula mereka juga akan dievakuasi ke Wamena. Namun karena faktor cuaca, evakuasi dibatalkan. “Direncanakan besok keenam orang tersebut akan di terbangkan menuju Wamena,” jelas Kamal.

Dari keterangan kepala tukang, DM, dia mendapat informasi dari Distrik Yigi bahwa ada penangkapan para tukang pada hari Sabtu (1/12) malam. Minggu paginya, masyarakat dari Distrik Yal pun mengantar dan membawa lari mereka ke arah hutan untuk di amankan.

Sore harinya, DM dibawa ke Rumah Kepala Kampung Yal, Yelen Gwijangge untuk diantar dan dibawa ke Distrik Koroptak. Lalu pada Senin (3/12), sekitar pukul 01.00- 17.00 WIT mereka berjalan kaki dan tiba di Honai milik masyarakat. Mereka menginap di rumah warga itu selama tiga hari.

DM mengaku pada Rabu (12/12), masyarakat sekitar membawa mereka ke Distrik Yal. Namun mereka tidak sempat tiba di itu dan hanya sampai di gunung Distrik Yal. Akhirnya mereka pun dievakuasi ke Polsek Kenyam.

“Sehingga sampai hari Kamis tanggal 13 Desember 2018, pekerja yang berhasil ditemukan dalam keadaan selamat sebanyak 35 orang,” tukas Kamal. 

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (dna/JPC)



Close Ads
10 Pekerja Selamat dari KKB Papua, 4 Orang Dievakuasi Petugas