alexametrics

Ditanya Hakim, Setya Novanto Bungkam

13 Desember 2017, 10:50:01 WIB

JawaPos.com – Ada yang ganjal dari kondisi Setya Novanto hari ini. Pasalnya, dia bungkam saat Hakim Pengadilan Tipikor Yanto melontarkan sejumlah pertanyaan terhadap Ketua Umum Partai Golkar (nonaktif) di ruang sidang.

Pertama, Novanto tampak diam ketika Yanto bertanya mengenai nama lengkapnya. “Bisa disebutkan nama lengkap Saudara?” ujar Yanto namun tak disahuti Novanto.

Ketua PN Jakarta Pusat itu kembali bertanya apakah Novanto bisa mendengarkan pertanyaan yang dilontarkannya. “Bisa mendengarkan pertanyaan saya? Apakah Saudara terdakwa bisa mendengar pertanyaan saya?” tanya Yanto lagi namun tak kunjung dibalas Novanto.

Yanto lantas bertanya kepada Jaksa Penuntut Umum KPK apakah sebelum dibawa ke persidangan Novanto sudah diperiksa dokter. JPU KPK pun lantas menjelaskan bahwa Ketua DPR nonaktif itu sudah diperiksa.

“Terdakwa mengeluh sakit, namun setelah dicek terdakwa bisa dibawa ke persidangan. Dengan tekanan darah 110,” ujar JPU KPK Irene Putri.

Hakim Yanto kembali bertanya kepada Novanto. Kali ini dia bertanya apakah Novanto didampingi penasihat hukum. Namun Novanto tetap bungkam.

Yanto kemudian bertanya kepada dokter yang memeriksa keadaan Novanto. Adapun dokter itu berasal dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bernama Johannes Hutabarat.

Johannes mengatakan bahwa tadi pihaknya sudah memeriksa keadaan Novanto sekitar pukul 08.50 WIB. Dia pun menjawab bahwa Novanto bisa berkomunikasi dengannya. “Menjawab dengan lancar. Bisa (berkomunikasi), Yang Mulia,” jelasnya.

Mendengar penjelasan tersebut, Hakim Yanto lalu bertanya kepada Novanto. “Nama lengkap Saudara? Apakah Saudara mendengarkan saya? Saya ulangi lagi? Nama Saudara? Apakah Saudara mendengarkan saya?” tanyanya lagi namun Novanto tetap bungkam. 

Editor : admin

Reporter : (dna/ce1/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Ditanya Hakim, Setya Novanto Bungkam