alexametrics

Cari Identitas, Polri Periksa Sidik Jari Pelaku Bom Bunuh Diri

13 November 2019, 13:46:35 WIB

JawaPos.com – Mabes Polri menduga pelaku peledakan di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara dilakukan oleh satu orang. Pelaku diduga ikut tewas dalam ledakan yang terjadi sekitar pukul 08.45 WIB, Rabu (13/11) pagi tadi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo mengatakan, pelaku bom bunuh diri tengah dilakukan proses identifikasi oleh jajaran tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri, Inafis, dan Pusat Laboratorium Forensik yang masih di lapangan untuk melakukan proses olah tempat kejadian perkara (TKP).

Hal itu dilakukan guna memastikan identitas pelaku. Menurutnya, Inafis akan melakukan proses identifikasi pelaku penyerangan di Mapolres itu. “Nanti dengan teknologi yang dimiliki Inafis, nanti sidik jarinya (jika) berhasil diambil dengan baik, dan pelaku juga memiliki e-KTP, nanti database tersebut akan terkoneksi dengan data Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil),” kata Dedi di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (13/11).

Dedi mengharapkan, pihaknya segera mengetahui siapa pelaku penyerangan terhadap Mapolrestabes Medan. Hal ini pun bisa diketahui jaringan teroris terhadap pelaku. “Sehingga dalam waktu yang tidak lama identitas pelaku akan diketahui,” ujar Dedi.

Setelah identitas diketahui, lanjut Dedi, nantinya tim Densus 88 Antiteror Polri akan melakukan pengembangan. Hal ini untuk mengetahui apakah pelaku terkait jaringan teroris tertentu atau justru hanya simpatisan yang bergerak sendiri (lone wolf). “Semuanya masih berproses. Tim Densus 88 bersama stakeholder terkait masih bekerja di lapangan,” jelas Dedi.

Akibat peristiwa ini, diketahui enam orang menjadi korban. Mereka diantaranya, empat anggota kepolisian, satu anggota PHL dan satu orang warga yang tengah membuat SKCK. Saat ini korban luka-luka masih dirawat di RS. Bhayangkara Polda Sumut.

Korban luka-luka antara lain, Kompol Abdul Mutolip Kasi Propam Polrerabes Medan mengalami luka tangan kanan robek, Kompol Sarponi KasubBag Bin Ops Polrestabes Medan mengalami luka robek bokong sebelah kanan.

Aipda Deni Hamdani Brigadir Si Propam Polrestabes Medan mengalami luka-luka terkena serpihan, Bripka Juli chandra Brigadir Si Propam Polrestabes Medan mengalami telingan sebelah kanan tidak bisa mendengar.

Ricard Purba PHL Bag Ops mengalami luka memar di wajah dan lengan dan Ihsan Mulyadi siregar, laki-laki (27) mahasiswa, Jl. Bakti Suka Dono Dusun IV Kel. Tanjung Gusta Kec. Sunggal, mengalami luka di pinggul sebelah kiri terkena serpihan.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Muhammad Ridwan


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads