alexametrics

Polda Jogyakarta Selidiki Kasus Pelecehan Mahasiswi UGM

13 November 2018, 18:39:26 WIB

JawaPos.com – Kepolisian Daerah Jogyakarta berinisiatif untuk menangani kasus dugaan tindak pelecehan seksual yang dilakukan mahasiswa teknik Universitas Gajah Mada (UGM) berinisial HS. Sebab, kasus ini menyita perhatian publik.

“Sekarang sedang didalami oleh penyidik Polda Jogya untuk minta keterangan kepada yang bersangkutan terkait kasus tersebut,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto di kantornya, Jakarta, Selasa (13/11).

Namun sebelum memeriksa pelaku, pihaknya akan meminta keterangan dari korban dengan penasihat hukum atau psikolog yang mendampingi. “Korban dalam waktu dekat akan dimintai keterangan,” imbuhnya.

Pihaknya juga meminta keterangan tim Kampus UGM yang juga melakukan penyelidikan terhadap mahasiswanya. “Ini kan ada beberapa orang, sedang pelan-pelan kita minta keterangan semoga nanti bisa lengkap,” kata Setyo.

Memang, untuk kasus pelecehan terkhusus pemerkosaan, kendala bagi polisi adalah saksi. Terlebih jika kasusnya sudah lama, alat bukti berupa cairan tubuh, luka-luka, barang rusak seperti baju yang sobek, kancing baju yang putus, susah didapatkan.

“Oleh sebab itu kecepatan untuk olah TKP dengan benar penting sekali untuk menguji kasus,” tambahnya.

Namun Setyo berjanji penyidik akan berupaya mencari alat bukti agar dugaan pelecehan yang menimpa mahasiswi dari Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM bisa diproses hukum lebih lanjut.

“Penyidik yang akan mencari, artinya di dalam proses penyidikan harusnya ada dua alat bukti yang sah. Oleh sebab itu, kewenangan dan kewajiban penyidik untuk mencari, mendapatkan dua alat bukti itu untuk bisa dilanjutkan,” tutur pria yang bakal meninggalkan kursi Kadiv Humas Polri itu.

Sementara itu, Polda Yogya juga akan berkoordinasi dengan pihak kampus dalam rangka penyidikan ini.

Sebelumnya, mahasiswa teknik UGM, HS diduga melakukan tindak pelecehan seksual terhadap rekannya saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pulau Seram, Provinsi Maluku pada 2017 silam.

Kasus itu kembali mencuat beberapa waktu belakangan. Korban pun yang diketahui dari mahasiswi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) yang saat ini masih mendapatkan pendampingan psikologi.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (dna/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Polda Jogyakarta Selidiki Kasus Pelecehan Mahasiswi UGM