JawaPos Radar | Iklan Jitu

KPK Duga Empat Saksi Ini Tim Sukses Suami Eni, Al Khadziq

13 November 2018, 19:03:42 WIB | Editor: Estu Suryowati
KPK Duga Empat Saksi Ini Tim Sukses Suami Eni, Al Khadziq
KPK menduga, keempat saksi untuk Idrus Marham merupakan bagian tim sukses suami Eni Maulani Saragih dalam Pilkada Temanggung. (Issak Ramadhani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah memeriksa empat orang saksi terkait kasus suap proyek kerja sama PLTU Riau-1 yang membelit mantan Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham.

"Kami sudah periksa anggota DPRD Temanggung atas nama Slamet Eko Wantoro dan tiga pihak swasta Jumadi, Rochmat Fauzi Trioktiva, dan Mahbub untuk Idrus Marham," ucap juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (13/11).

Lebih lanjut, mantan aktivis ICW ini menyebut pihaknya menduga bahwa keempat saksi tersebut merupakan bagian tim sukses suami Eni Maulani Saragih dalam Pilkada Temanggung.

"Empat saksi ini kami duga merupakan bagian dari Tim Sukses salah satu calon di Pilkada Temanggung," imbuhnya.

Berdasarkan dugaan tersebut, lanjut Febri, penyidik mendalami informasi terkait aliran dana proyek PLTU Riau-1 ke Pilkada Temanggung melalui para saksi.

"Kami mendalami informasi tentang dugaan aliran dana terkait PLTU Riau 1 untuk salah satu kontestan pada Pilkada di Temanggung," tukasnya.

Sekadar Informasi, dalam salah satu sidang ketika Eni dihadirkan sebagai saksi, terungkap adanya aliran uang dari Johanes B Kotjo untuk kepentingan suami Eni, Muhammad Al Khadziq dalam Pilkada Temanggung.

"Iya, buat kebutuhan Pilbup Temanggung. Pak Kotjo langsung kasih uang Rp 2 miliar," ungkap Eni dalam kesaksiannya di sidang pada Kamis (11/10).

Dalam kasus ini, Idrus disangkakan KPK sebagai tersangka dalam pengembangan perkara dari operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Eni Maulani Saragih dan Johanes B Kotjo. Pada saat ditangkap, Eni menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR.

Sedangkan Kotjo dijerat sebagai pengusaha yang memberi suap ke Eni. Kotjo merupakan pemegang saham Blackgold Natural Resources Ltd, yang merupakan salah satu konsorsium proyek PLTU Riau-1.

(ipp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up