alexametrics

KPK Klaim Dalami Oknum Atasan yang Memerintahkan Eks Penyidik Robin

13 Oktober 2021, 12:28:13 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengklaim, akan mendalami identitas ‘atasan’ sebagaimana disebutkan mantan Wali Kota Tanjungbalai, Muhammad Syahrial dalam sidang kasus dugaan suap penanganan perkara Kota Tanjungbalai. KPK akan mendalami hal tersebut melalui saksi-saksi yang dihadirkan ke persidangan.

Sebab dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Senin (11/10) Syahrial mengungkapkan kalau dirinya didesak mantan penyidik PK Stepanus Robin Pattuju untuk segera menyerahkan uang. Syahrial menyebut, dalam percakapannya dengan Robin, sudah diminta oleh atasan untuk memberikan setoran.

“Setiap fakta sidang tentu menjadi informasi penting untuk didalami lebih lanjut dan KPK akan memanggil para saksi lain untuk mengonfirmasi keterangan tersebut pada persidangan berikutnya. Sehingga fakta ini kemudian apakah terkonfirmasi atau tidak,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (13/10).

Ali menyampaikan, fakta tersebut belum bisa ditemukan cukup bukti adanya perintah kepada Robin. Karena, Syahrial hanya mendengar ucapan adanya perintah atasan dari Robin, bukan menurut pengetahuannya sendiri.

“Sejauh ini fakta tersebut masih bersifat testimonium de auditu yaitu kesaksian atau keterangan karena mendengar dari orang lain,” papar Ali.

Juru bicara KPK bidang penindakan ini menyebut, dalam perkara ini Robin diduga memanfaatkan jabatannya selaku penyidik KPK. Karena pada faktanya, Robin bukan satgas yang menangani perkara tersebut.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan




Close Ads