alexametrics

Polisi Jelaskan Peran Mantan Kapolda Metro Jaya dalam Kasus Makar

13 Juni 2019, 14:31:41 WIB

JawaPos.com – Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono membeberkan peran mantan Kapolda Metro Jaya Komjem Pol (Purn) Sofyan Jacob yang sekarang berstatus tersangka kasus dugaan makar. Sofyan diduga terlibat dalam pemufakatan melakukan tindak pidana tersebut.

Selain itu, Sofyan diduga turut menyebarkan berita bohong. Sehingga yang bersangkutan bisa dikenakan pasal penyebaran berita bohong sesuai dengan Pasal 14 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana.

“Sofyan Jacob tentunya yang bersangkutan kan ikut permufakatan di sana, dan dia juga menyampaikan kabar atau pemberitaan yang belum dicek kebenarannya,” ujar Argo di silang Monas Jakarta Pusat, Kamis (13/6).

Kabar bohong yang diduga disebarkan Sofyan yaitu terkait pernyataannya yang menyebut pemerintah bertindak curang. Kemudian menyebut bahwa kubu Prabowo Subianto sudah memenangkan pemilu.

“Tentunya yang berhak menyampaikan (hasil) pemilu adalah KPU, secara undang-undang yang sah untuk menyampaikan pemenangnya,” imbuh Argo.

Meski begitu, Polda Metro Jaya belum bisa menyimpulkan Sofyan berkaitan dengan kasus makar yang diduga dilakukan oleh Kivlan Zen. Saat ini penyidik masih melakukan pendalaman kasus.

“Ya, nanti itu sedang kami tangani. Jadi, tadi disampaikan yang bersangkutan (Sofyan). Saat dia menyampaikan di daerah Kertanegara, dia menyampaikan pemberitaan itu,” jelas Argo.

Di sisi lain, Argo memastikan penyidik telah mengantongi setidaknya dua alat bukti cukup untuk menetapkan Sofyan sebagai tersangka. Seperti berupa keterangan saksi dan tersangka lainnya.

“Bukti petunjuknya juga ada dan juga ada bentuk seperti rekaman,” pungkas Argo.

Diketahui, mantan Kapolda Metro Jaya Komjen Pol (Purn) M. Sofyan Jacob ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus dugaan makar. Kasus Sofyan tersebut merupakan pelimpahan dari Bareskrim Mabes Polri.

“Sudah tersangka, kasusnya pelimpahan dari Bareskrim Polri,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Senin (10/6).

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan