alexametrics

Polisi Ungkap Kronologi Penyelundupan 121,9 Ton Migor ke Timor Leste

13 Mei 2022, 15:22:13 WIB

JawaPos.com – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta mengungkap kronologi pengungkapan kasus penyelundupan minyak goreng sebanyak 121,9 ton menuju Timor Leste. Kasus ini pertama kali tercium oleh Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

“Jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Perak mendapatkan informasi pada tanggal 28 april 2022 adanya dugaan pengiriman migor ke luar negeri. Pengungkapan ini bermula pada pengecekan yang dilaksanakan pada tanggal 1 – 4 mei 2022. Tim menemukan adanya 3 kontainer yang akan dikirim ke luar negeri,” kata Nico kepada wartawan, Jumat (13/5).

Nico juga menuturkan, tim bersama-sama melakukan pengecekan 3 kontainer dan di dalamnya ditemukan minyak goreng. Selanjutnya tim menelusuri kelengkapan dokumen, di dalam pengembangan Polres Pelabuhan Tanjung Perak berkoordinasi dengan Polda, Bareskrim, Dirjen Perdagangan, Kejaksaan serta Bea Cukai. Akhirnya menemukan lagi lima kontainer yang akan dikirimkan ke luar negeri.

“Untuk kelima kontainer didalami surat-surat antara lain, dokumen pemberitauan ekspor barang, didalam penelusuran ditemukan bahwa barang-barang ini akan dikirim ke Timor Leste,” lanjutnya.

Dari hasil gelar perkara ditetapkan dua tersangka, inisial R dan E. “Peran R adalah pembeli barang yang untuk di ekspor, jadi dia membeli dari satu tempat kemudian meminta bantuan E untuk mengurus dokumen,” ucapnya.

Barang bukti yang diamankan tiga unit kontainer berisi minyak goreng kemasan, serta lima unit kontainer minyak goreng kemasan di terminal Teluk Lamong. Dengan Total barang bukti minyak goreng kemasan sejumlah 162.642 liter atau 121,9 ton.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads