alexametrics

Ada Rakyat yang Mau Penggal Kepalanya, Apa Kata Jokowi?

13 Mei 2019, 16:31:28 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi santai ancaman pemenggalan kepala yang disampaikan Hermawan Susanto alias HS dalam sebuah video yang viral. Jokowi mengajak semua orang untuk lebih banyak bersabar pada bulan puasa ini.

“Ini kan bulan puasa. Kita semua (muslim) puasa ya kan, yang sabar,” ujarnya di sela-sela peresmian Jalan Tol Pandaan-Malang di gerbang tol Singosari, Kabupaten Malang, Senin (13/5).

Jokowi menambahkan, pihaknya menyerahkan kasus tersebut ke pihak yang berwajib. “Proses hukum serahkan kepada kepolisian, ya,” imbuhnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono (kanan) dan Wadir Krimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary Syam Indradi (kiri) menunjukkan foto tersangka HS saat memberi keterangan terkait kasus video dugaan makar dan ancaman pembunuhan terhadap Presiden Joko Widodo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/5). (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Seperti diketahui, sebelumnya HS mengancam akan memenggal kepala Jokowi. Pernyataan berbau ancaman itu ia lontarkan saat mengikuti aksi unjuk rasa di depan Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Jumat 10 Mei 2019 lalu. Dalam videonya dia mengaku dari Poso.

Belakangan, HS ditangkap di kediamannya di Perumahan Metro, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (12/5) pukul 08.00 WIB. HS dijerat dengan tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara dan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Kini dia sedang menjalani penyidikan di Polda Metro Jaya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Folly Akbar