JawaPos Radar

Masih Ada Potensi Teror di Tempat Lain, PGI Minta Keamanan Diperketat

13/05/2018, 18:00 WIB | Editor: Estu Suryowati
Masih Ada Potensi Teror di Tempat Lain, PGI Minta Keamanan Diperketat
Tiga gereja di Surabaya jadi sasaran aksi terorisme, Minggu (13/5) pagi. Sedikitnya 38 korban luka-luka, dan 8 orang meninggal dunia. (JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Meski telah terjadi aksi teror di tiga lokasi, aktivitas ibadah di gereja-gereja lain di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung bahkan Surabaya dipastikan tetap berjalan. Kegiatan kerohanian yang biasa jemaat gereja lakukan pada Minggu sore tidak mengalami perubahan jadwal.

Namun, kendati demikian Kepala Humas Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Jerry meminta agar kepolisian melakukan penjagaan di sekitar area tempat peribadatan. Hal itu sebagai langkah pencegahan timbulnya aksi teror lagi.

Sebab dari informasi yang didapat PGI, teror hari ini bukan hanya akan dilakukan di tiga tampat saja. Ada beberapa lokasi lain yang diduga menjadi incaran kelompok radikal.

Meski kabar ini belum dikonfirmasi kebenarannya oleh Kepolisian, tetapi menurut Jerry tidak salah jika aparat tetap berjaga sebagai langkah pencegahan.

"Kami meminta keamanan kepolisian karena masih beredar isu yang berkaitan dengan bom karena ada beberapa titik yang diledakkan hari ini, tapi meledak di tiga tempat," ungkap Jerry dalam konferensi persnya di Graha Oikoumene, Salemba, Jakarta Pusat, Minggu (13/5).

"Itu yang kami dengar. Bahkan infonya di 25 titik hari ini. Tadi pagi itu, di Surabaya itu ada dua atau tiga titik lain yang katanya juga ditemukan adanya bom tapi belum meledak. Tapi itu juga belum dapat informasi resminya dari kepolisian," pungkas Jerry.

Sebelumnya, aksi keji yang diduga bom bunuh diri terjadi di Surabaya. Dalam waktu yang relatif singkat, ada tiga gereja yang menjadi korban serangan.

Dimulai dari pukul 06.30 WIB, dan beberapa menit kemudian bom di gereja lain dilaporkan ikut meledak. Tiga lokasi ledakan itu menurut data kepolisian, terjadi tepat di depan gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya, GKI Diponegoro di jalan Raya Diponegoro, dan di Gereja Pantekosta di jalan Arjuno.

(sat/JPC)

Alur Cerita Berita

Sejumlah Warga Dievakuasi ke Blok D 13/05/2018, 18:00 WIB
Warga Malang Tidak Takut Teroris 13/05/2018, 18:00 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up