JawaPos Radar

MA Pecat Hakim Cantik PN Tangerang yang Terjerat OTT KPK

13/03/2018, 22:12 WIB | Editor: Kuswandi
Wahyu Widya Nurfitri
Hakim Wahyu Widya Nurfitri (Facebook Wahyu Widya Nurfitri)
Share this image

JawaPos.com - Mahkamah Agung (MA) akan memberhentikan sementara hakim Pengadilan Negeri (PN) Tangerang yang terciduk operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (12/3) kemarin.

"MA konsekuen dan konsisten, siapapun aparatur pengadilan yang terkena OTT akan diberhentikan sementara sebagai hakim," kata Ketua Humas MA Abdullah, saat dikonfirmasi, Senin (12/3).

Menurut Abdullah, pemberhentian sementara tidak harus menunggu status tersangka dari lembaga antirasuah.

"Indikatornya jika KPK sudah menunjukkan alat bukti yang sah, maka saat itu juga MA akan memberhentikan yang bersangkutan dari jabatannya baik hakim maupun panitera pengganti," ujar Abdullah.

Nantinya, kata Abdullah, pemecatan terhadap hakim dan panitera PN Tangerang akan dilakukan melalui persetujuan Presiden Joko Widodo.

"Pemberhentian tetap akan dilakukan oleh Presiden," terang Abdullah.

Oleh karena itu, MA bertindak tegas terhadap hakim yang terjerat kasus korupsi, lantaran telah mencoreng lembaga peradilan.

"MA akan terus bekerja sama dengan KPK untuk membersihkan aparat pengadilan yang menjatuhkan citra MA. OTT tersebut hasil kerja sama antara MA dan KPK menjaring target operasi," pungkasnya.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up