JawaPos Radar

Ketua KY: Hakim yang Ditangkap KPK Serakah

13/03/2018, 14:40 WIB | Editor: Ilham Safutra
Ketua KY: Hakim yang Ditangkap KPK Serakah
Ketua KPK Agus Rahardjo bersama Ketua Kamar Pengawasan MA Sunartos saat konfrensi pers OTT oknum hakim PN Bengkulu 2017 lalu (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Penangkapan terhadap oknum hakim dan panitera Pengadilan Negeri (PN) Tangerang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sangat disesalkan Komisi Yudisial (KY). Pasalnya, jika motivasi aparatur sipil negara (ASN) itu untuk mendapatkan kesejahteraan, maka itu sangat tepat. Mereka sudah mendapat perhatian lebih dari negara.

Ketua KY Aidul Fitri Ciada menyebut, penangkapan oknum itu tidak terlepas dari bentuk keserakahan. "Iya sangat disayangkan. Itu karena faktor keserakahan," kata Aidul saat dikonfirmasi JawaPos.com, Selasa (13/3).

Menurut Aidul, kesejahteraan para hakim saat ini sudah jauh lebih baik. Sejatinya hakim dan panitera tidak perlu lagi melakukan perbuatan yang bisa menjatuhkan citra peradilan.

Ketua KY: Hakim yang Ditangkap KPK Serakah
Jubir KPK Febri Diansyah (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

"Seharusnya tidak lagi terjadi karena hidup mereka telah terjamin. Tapi balik lagi, ini terjadi karena keserakahan," ungkap Aidul penuh geram.

Untuk tahap selanjutnya, Aidul masih menunggu informasi dari KPK tentang pelanggaran hukum yang dilakukan hakim dan panitera PN Tangerang tersebut.

Sebelumnya, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Tangerang, Senin (12/3) petang. Dalam operasi kali ini, KPK menyasar tujuh aparat penegak hukum di PN Tangerang.

"Sejak sore menjelang Magrib tadi, telah diamankan sekitar tujuh orang dan dibawa ke KPK untuk proses pemeriksaan lebih lanjut," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangan tertulis, Senin (12/3) malam.

Ketujuh orang tersebut terdiri atas unsur hakim, panitera, penasihat hukum, dan pengusaha. Penangkapan diduga berkaitan dengan suap putusan perkara perdata yang berproses di Pengadilan Negeri Tangerang.

(ce1/rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up