JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tangkap Bupati Cianjur, Segini Barbuk yang Diamankan KPK

12 Desember 2018, 16:08:32 WIB
Barbuk OTT
Penyidik KPK memperlihatkan barang bukti uang suap hasil operasi tangkap tangan (OTT) beberapa waktu lalu. (Miftahul Hayat/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi kembali menggelar operasi tangkap tangan (OTT). Dalam operasi senyap yang digelar di Jawa Barat, tim mengamankan Bupati Cianjur berinisial IRV. Selain itu, tim juga mengamankan beberapa pihak lain.

Terkait OTT tersebut, Wakil Ketua KPK Laode M Syarief menyebut, ada transaksi suap yang diberikan pihak lain kepada IRV terkait dengan anggaran pendidikan di Cianjur. Namun, dia tak merinci lebih jauh perihal tersebut.

"KPK mendapat informasi akan ada penyerahan uang terkait dengan anggaran pendidikan di Cianjur. Setelah kami lakukan pengecekan di lapangan, terdapat bukti awal adanya dugaan pemberian suap untuk Kepala Daerah," jelasnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (12/12).

Gedung KPK
Gedung KPK Merah Putih (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

Adapun nilai uang suapnya mencapai miliaran rupiah. "Dari lokasi, tim berhasil mengamankan barang bukti uang sekitar Rp1,5 miliar yang diduga dikumpulkan dari kepala sekolah untuk kemudian disetor ke Bupati," imbuhnya.

Syarief menambahkan, terkait keberlanjutan status hukum enam pihak diamankan akan dijelaskan lebih rinci saat konferensi pers.

"Saat ini tim sedang bekerja, kami belum dapat memberikan informasi yang lebih rinci. Hasilnya akan disampaikan secara lengkap dalam konferensi pers," tutupnya.

Editor           : Kuswandi
Reporter      : (ipp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini