JawaPos Radar | Iklan Jitu

Selain Bupati Cianjur, KPK Amankan Pejabat Teras Lain

12 Desember 2018, 15:18:03 WIB
Barbuk OTT
Penyidik KPK memperlihatkan barang bukti uang suap hasil operasi tangkap tangan (OTT), beberapa waktu lalu. (Imam Husein/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi kembali menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di daerah Jawa Barat. Dalam operasi senyap kali ini, tim mengamankan Bupati Cianjur berinisial IRM.

Selain mengamankan kepala daerah, ada 5 pihak lainnya yang turut dibawa ke markas lembaga KPK guna pemeriksaan lanjutan.

Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif menyebut pihaknya melakukan giat sejak Subuh tadi hingga bisa mengamankan enam pihak.

Gedung KPK
Gedung KPK Merah Putih (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

"6 orang diamankan oleh KPK yang terdiri dari Kepala Daerah, Kepala Dinas dan Kepala Bidang, dari unsur MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah), dan pihak lain," tuturnya.

Adapun, kasus yang diduga membelit enam pihak tersebut yakni berkaitan dengan dugaan pemberian suap untuk kepala daerah terkait dengan anggaran pendidikan di Cianjur.

"Sebelumnya KPK mendapat informasi akan ada penyerahan uang terkait dengan anggaran pendidikan di Cianjur. Setelah kami lakukan pengecekan di lapangan, terdapat bukti awal adanya dugaan pemberian suap untuk Kepala Daerah," tambah dia.

Nantinya, sebut Syarif KPK memiliki waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status hukum perkara dan pihak-pihak yang diamankan tersebut.

"Saat ini tim sedang bekerja, kami belum dapat memberikan informasi yang lebih rinci. Hasilnya akan disampaikan secara lengkap dalam konferensi pers," tutup dia.

Editor           : Kuswandi
Reporter      : (ipp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up