alexametrics
Kasus Suap Bupati Bekasi

Gali Rekomendasi Perizinan Meikarta, KPK Panggil Eks Wagub Dedy Mizwar

12 Desember 2018, 00:13:33 WIB

JawaPos.com – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana memanggil Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018, Deddy Mizwar (Demiz), terkait kasus dugaan suap perizinan pembangunan proyek Meikarta. Demiz akan dipanggil dalam kapasitasnya sebagai saksi.

“Besok ada sejumlah saksi yang diperiksa termasuk unsur pimpinan di Provinsi Jawa Barat yang pada saat itu memimpin yaitu mantan wakil gubernur Jawa barat, akan diperiksa untuk kasus ini besok,” ucap juru bicara KPK Febri Diansyah pada awak media, Selasa malam (11/12).

Kendati demikian, mantan aktivis ICW ini masih enggan membeberkan informasi apa yang akan digali oleh penyidik. Bahkan, bila dibutuhkan keterangan atau kebutuhan penyidikan akan memanggil mantan gubernur Jabar.

“Untuk jadwal besok itu mantan wakil gubernur, jadi baik mantan gubernur berikutnya tentu saja sesuai kebutuhan penyidikan tidak menutup kemungkinan kepala daerah juga akan dipanggil. Kami perlu mendalami bagaimana proses saat itu terkait rekomendasi perizinan Meikarta,” pungkasnya.

 Untuk diketahui, dalam kasus ini, KPK telah menetapkan 9 tersangka, yakni Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hasanah Yasin dan Direktur Operasional Billy Sindoro. Kemudian, konsultan Lippo Group yaitu Taryadi (T) dan Fitra Djaja Purnama (FDP), serta Pegawai Lippo Group Henry Jasmen (HJ).

 Selanjutnya, Kepala Dinas PUPR Bekasi Jamaludin (J), Kepala Dinas Damkar Bekasi Sahat ‎MBJ Nahar (SMN), Kepala Dinas DPMPTSP Bekasi Dewi Tisnawati (DT) serta Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Bekasi Neneng Rahmi (NR).

Neneng Hasanah beserta anak buahnya diduga menerima hadiah atau janji oleh para petinggi Lippo Group, terkait pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta pada lahan seluas 774 hektare.

 

Editor : Kuswandi

Reporter : (ipp/JPC)



Close Ads
Gali Rekomendasi Perizinan Meikarta, KPK Panggil Eks Wagub Dedy Mizwar