alexametrics

118 Ton Besi Kereta Cepat Dicuri, Polisi Akan Panggil PT WIKA

12 November 2021, 11:45:44 WIB

JawaPos.com – Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur masih menyelidiki kasus pencurian besi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Terkait itu, polisi berencana memanggil pihak PT WIKA sebagai saksi.

“Kita akan panggil untuk melakukan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) untuk kerugian yang diderita korban dalam hal ini PT WIKA,” kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan dalam keterangan tertulis, Jumat (12/11).

Erwin menerangkan, PT WIKA sedang mendata jumlah kerugian akibat pencurian ini. Data itu juga diperlukan dalam rangka penyidikan.

“Saat ini memang penyidikan kita bersama-sama polsek makasar akan menunggu audit kerugian dari PT WIKA sekalian dengan jumlah besi yang dicuri olahraga para pelaku, itu kita membutuhkan waktu,” jelasnya.

Sebelumnya, 100 ton lebih besi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur dicuri. Komplotan pencuri ini diduga telah beroperasi sejak Juli 2021.

“Total investaris barang yang hilang seberat 118.081.28 Kg. Kalau dirupiahkan mencapai Rp 1 miliar,” kata Kapolsek Makasar Kompol T.F Hutagaol saat dihubungi, Selasa (9/11).

Total ada lima pelaku yang berhasil ditangkap polisi. Mereka yakni SA, 24; SU, 24; AR, 30; MLR, 24; DY, 46.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Makassar Iptu Moch Zen menambahkan, kasus pencurian terungkap setelah para pelaku terpergok oleh karyawan proyek. “Saksi melihat para pelaku sedang menaikkan besi-besi baja yang diambil dari lokasi proyek ke atas mobil pick up,” kata Zen.

Pelaku kemudiam kocar kacir kabur dari lokasi. Sedangkan mobil yang digunakan untuk mengangkut besi ditinggalkan begitu saja. Para pelaku kemudian berhasil ditangkap pada rentang waktu 3-6 November 2021.

Dalam pemeriksaan para pelaku mengaku telah beraksi sejak Juli hingga Oktober 2021. Kelima pelaku ini beraksi saat tengah malam ketika penjagaan di lokasi tidak ketat.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini: