alexametrics

Kembali Masuk Penjara, Ridho Rhoma Dieksekusi ke Lapas Salemba

12 Juli 2019, 18:15:11 WIB

JawaPos.com – Kejaksaan Negeri Jakarta Barat mengeksekusi pedangdut Ridho Rhoma ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba Jakarta Pusat, Jumat (12/7). Dia bahkan sudah terlihat tiba di Kejaksaan sekira pukul 15.00 WIB. Hal itu telah dibenarkan oleh Kasie Intel Kejaksaan Negeri Jakarta Barat Edy Subhan.

“Jadi (dieksekusi). Sudah dalam perjalanan ke Salemba,” ujar Edy saat dihubungi wartawan, Jumat (12/7).

Eksekusi terhadap Ridho sendiri buntut dari keputusan Mahkamah Agung (MA) yang memenangkan kasasi Jaksa Penuntut Umum (JPU) hingga akhirnya memperberat hukuman kepada putra Rhoma Irama itu menjadi 1,5 tahun. Vonis ini terkait kasus penyalahgunaan narkotika.

Dalam pertimbangannya, MA menilai hukuman penjara bagi Ridho sebagai bentuk keadilan bagi tindak pidana yang serupa. “Pertimbangan majelis adalah untuk menghindari disparitas pemidanaan terhadap tindak pidana yang sama dan sejenis,” ujar juru bicara MA Andi Samsan Nganro.

Sebelum ada putusan MA, Ridho hanya dijatuhi hukuman 10 bulan rehabilitasi oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Dia dinilai terbukti memiliki serta menggunakan narkotika jenis sabu. Pedangdut itu juga sudah menjalankan proses rehabilitasi di RSKO Cibubur, Jakarta dan dinyatakan bebas pada Januari 2018.

Raja Dangdut Rhoma Irama. (Aginta Kerina for JawaPos.com)

Sementara itu, Rhoma Irama meminta agar publik tidak salah tafsir terhadap kasus yang menjerat anaknya itu. Dia menegaskan penahanan ini bukan pengulangan peristiwa, melainkan lanjutan dari kejadian sebelumnya.

“Jangan ada kesan bahwa Ridho ini bolak-balik ke penjara. Bahwa Ridho ini berulang-ulang menggunakan narkoba. Tapi kasus ini kasus yang pertama ketika Ridho menggunakan (sabu-sabu) yang di bawah satu gram itu,” ujar Rhoma seperti dilansir dari JPNN (Jawa Pos Grup).

Selain itu, lewat akun Instagram Ridho Rhoma juga turut mencurahkan isi hatinya atas kasus yang menjeratnya. Lewat unggahan insta story dia menamlilkan lagu Sonet 2 band berjudul Tiada Mungkin Lagi yang bercerita soal perpisahan dan kerinduan.

“Dari lubuk hati saya yang paling dalam, saya akan merindukan kalian semua, sampai kita bertemu lagi,” tulis dalam akun Instagram @ridho_rhoma.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan