alexametrics

Dirut PLN dan Wasekjen Golkar Bersaksi di Persidangan Idrus Marham

12 Februari 2019, 09:47:21 WIB

JawaPos.com – Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir diagendakan bersaksi dalam sidang kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1 dengan terdakwa Idrus Marham. Sofyan sebelumnya pernah bersaksi dalam kasus yang sama, untuk terdakwa mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eni Saragih dan bos Blackgold Natural Resources Johannes Budisutrisno Kotjo.

“Sofyan Basir diagendakan untuk bersaksi,” kata penasihat hukum Idrus Marham, Samsul Huda saat dikonfirmasi, Selasa (12/2).

Selain Sofyan, Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN Supangkat Iwan dan Wasekjen Partai Golkar Sarmuji juga diagendakan bersaksi untuk perkara tersebut. Keduanya juga pernah bersaksi untuk terdakwa Eni dan Kotjo dalam kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1.

Dalam perkara ini, Idrus Marham didakwa menerima suap senilai Rp 2,250 miliar terkait proyek pembangunan PLTU Riau-1. Uang tersebut diberikan oleh pengusaha sekaligus salah satu pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited, Johannes Budisutrisno Kotjo.

Idrus dinilai berperan atas pemberian uang dari Kotjo yang diduga digunakan untuk membiayai musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) Partai Golkar pada 2017.

Selain itu, Idrus juga disebut meminta agar Kotjo membantu pendanaan suami Eni Saragih, Muhammad Al Khadzik saat mengikuti pemilihan kepala daerah Temanggung.

Idrus didakwa melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Dirut PLN dan Wasekjen Golkar Bersaksi di Persidangan Idrus Marham