alexametrics

Begini Alasan Polri Jadikan Slamet Ma’arif Tersangka

12 Februari 2019, 14:10:07 WIB

JawaPos.com – Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Ma’arif telah ditetapkan tersangka oleh Polresta Surakarta. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, status itu diberikan karena Slamet melanggar jadwal kampanye. 

“Dari Bawaslu memberikan rekomendasi bahwa yang bersangkutan melanggar jadwal kampanye,” ujarnya di Gedung PTIK, Jakarta, Selasa (12/2). 

Pelanggaran jadwal kampanye tersebut katanya dilihat dari materi yang disampaikan Ma’arif pada Tabligh Akbar PA 212 Solo Raya di Gladak, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Minggu (13/2).

“Maateri kampanye tadi, Bawaslu yang lakukan asesmen dan analisa tentang pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh ketua PA 212 di Sini,” jelas dia. 

Sementara itu Dedi membantah pihaknya tebang pilih dalam melakukan proses hukum. Polisi katanya bekerja sesuai fakta hukum dan selalu normatif dalam penanganannya. 

“Kita tidak mengandai-andai suatu pidana,” tegas mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu. 

Dia menjelaskan, suatu pidana selalu berangkat dari fakta hukum yang dilaporkan. Adapun yang melaporkan pelanggaran ini adalah Bawaslu. “Bawaslu mengacu pada (undang-undang) dengan dilengkapi fakta-fakta hukum, ranah pemilu ini Bawaslu sebagai leading sektor,” pungkas Dedi.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Desyinta Nuraini

Begini Alasan Polri Jadikan Slamet Ma'arif Tersangka